Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kalahkan Vietnam, Perum Perindo Kejar Sertifikasi 8 Coldstorage

"Jadi aset-aset kita yang belum tersertifikasi, kita sertifikasikan, salah satunya coldstorage. Kita lagi mendorong setidaknya 6-8 yang sertified Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) minimal B," kata Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda dalam acara Ngopi BUMN di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Dengan memperoleh sertifikasi tersebut, Indonesia bisa mengekspor hasil perikanan hingga ke Jepang, Australia, hingga Asia. Sementara saat ini, Perum Perindo baru memiliki 4 titik yang tersertifikasi, yaitu Natuna, Rembang, Brondong, dan Sangihe.

Sementara untuk ekspor ke AS dan Eropa, diperlukan sertifikasi lolos standar badan makanan AS, FDA dan BRC untuk Eropa.

"Pokoknya nanti kita upgrade nih dari yang existing fasilitas kita. Karena dulu biasanya kita bikin coldstorage yang bisa simpan-menyimpan saja, enggak berpikir jual langsung ekspor. Jadi harus punya sertifikasi kalau ke Asia," jelas Risyanto.

Selain mengejar sertifikasi, Perum Perindo bakal mengintegrasikan operasi kapal untuk menyebarnya di beberapa titik yang paling potensial, termasuk produksi budidaya di hulu.

"Jadi optimalasasi network dan aset kita, kita optimalkan dan pusatkan di beberapa titik paling kuat. Karena basic bisnis Perum Perindo dari dulu ke pelabuhan makanya sekarang budidaya , penanganan, penangkapan. Ya mau enggak mau kita perkuat dengan tadi," jelas Risyanto.

Pun merekrut tenaga kerja yang ahli dibidangnya, sekaligus memberikan pelatihan dan memperkuat SOP.

"Karena SDM bagus tanpa sop yang kuat di lapangan tidak akan kuat. Kita lagi implementasikan ini juga dalam dua tahun ini, sekarang proses di pelabuhan sudah kita digitalkan. Proses perdagangan dan yang lain juga kita perkuat, tentu harus didukung monitoring di lapangan," pungkas dia.

Terkait target pendapatan, Perum Perindo optimis bisa mencapai Rp 1,2 triliun tahun ini meski di semester I 2019 baru mencapai Rp 300 miliar.

https://money.kompas.com/read/2019/09/16/134947026/kalahkan-vietnam-perum-perindo-kejar-sertifikasi-8-coldstorage

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke