Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

CEO Disney Akhirnya Mundur dari Jajaran Direksi Apple

Dikutip dari CNN Selasa (17/9/2019), Bob mundur karena Disney akan menjadi kompetitor Apple dalam layanan streaming. Disney akan meluncurkan layanan streaming yang bernama Disney+ pada bulan November 2019. 

Komisi Perdagangan Federal AS sendiri sudah mengawasi Dewan Direksi Apple terkait hal tersebut. Sehingga keputusan Bob untuk berpisah dengan Apple merupakan keputusan yang tepat. 

Bob menjadi dewan direks Apple sejak November 2011, sebulan setelah mantan CEO Apple Steve Jobs meninggal.

Di Apple, Bob merupakan ketua komite tata kelola perusahaan dan bertugas di komite kompensasi.

Bob menjadi salah satu CEO dengan bayaran tertinggi di dunia. Total kompensasinya di Disney mencapai 65,6 juta dollar AS atau sekitar Rp 918,4 miliar (kurs Rp 14.000 per dollar AS) pada tahun lalu.

Bob telah lama dikritik karena bayarannya yang tinggi, termasuk oleh pewaris Disney Abigail Disney, yang terang-terangan mengkritik bayaran Bob.

Sementara di Apple Bob dibayar 125.000 dollar AS (Rp 1,75 miliar) sebagai gaji dan 250.000 dollar AS (Rp 3,5 miliar) dalam bentuk saham. Pada akhir tahun lalu, Bob juga menggenggam saham Apple senilai 11 juta dollar AS (Rp 154 miliar).

Mundurnya seorang eksekutif karena mempunyai jabatan di perusahaan saingan merupakan praktik yang umum di Amerika Serikat.

Misalnya Eric Schmidt, yang kala itu menjadi CEO Google, mengundurkan diri dari Dewan Direksi Apple pada 2009 silam, setelah Google Android menjadi pesaing yang langsung iPhone besutan Apple.

 

https://money.kompas.com/read/2019/09/17/091100526/ceo-disney-akhirnya-mundur-dari-jajaran-direksi-apple

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke