Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menaker: Perubahan Dunia Kerja Sangat Cepat dan Masif

"Sisi ketenagakerjaan, kita ini menghadapi dunia baru yang berubah begitu cepat dan masif, karena didorong oleh pertumbuhan teknokogi informasi," kata Hanif ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Hanif mengatakan, kehadiran teknologi dan kemajuan inovasi di dalamnya telah menghasilkan perubahan besar, termasuk dunia kerja.

Selain itu, perubahan itu juga terlihat dan bisa dirasakan di ekonomi yang juga mengubah sistem bisnisnya.

"Bukan hanya konsep bisnisnya, bahkan dari struktur kepemilikan juga berubah. Dulu orang bicara produksi dulu, modal, lahan, teknologi, dan lain-lain. Sekarang enggak, udah beda lagi, kalau yang konvensional yang mengandalkan main of production, sekarang lebih mengandalkan knowledge," ungkapnya.

Menurut Menaker, dengan adanya dinamika perubahan itu maka dampak lanjutannya juga terjadi.


"Kita menghadapi sejumlah tantangan, dalam negeri. Perkembangan teknologi juga mengubah industri, mau tidak mau industri harus berubah," terangnya.

"Ketika industri bertransformasi begini maka pekerjaan juga berubah," tambah dia.

Dikatakan Menaker, adanya transformasi atau perubahan dunia kerja itu, maka semakin banyak pula pekerjaan yang tidak relevan bahkan mati atau tidak dibutuhkan lagi. Karenanya, para pekerja harus melakukan peningkatan kapasitas agar bisa adaptif dengan perubahan di dunia kerja.

"Ada pekerjaan hilang, sehingga pemetaan terhadap pekerjaan masa depan menjadi penting. Agar memastikan dari sisi input dan suplai terpenuhi," lanjutnya.

"Pada saat pekerjaannya berubah maka tuntutan skill-nya juga berubah. Akhirnya, enggak ada orang di dunia ini yang aman, yang punya skill hari ini juga enggak aman," tandasnya.

https://money.kompas.com/read/2019/09/17/210800826/menaker--perubahan-dunia-kerja-sangat-cepat-dan-masif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke