Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beda dengan Indonesia, Pertumbuhan Ekonomi Vietnam Diprediksi Melejit

Seperti dikutip dari Bloomberg, hal itu disebabkan data-data perekonomian yang dirilis akhir pekan kemarin menunjukkan perekonomian negara tersebut tumbuh lebih dari 7 persen pada kuartal III tahun ini.

Citigroup merevisi prediksi pertumbuhan ekonomi Vietnam sepanjang tahun 2019 menjadi 6,9 persen dari yang sebelumnya 6,7 persen. Hal ini didukung dengan kian solidnya performa perekonomian Vietnam di kuartal IV berjalan ini.

Sementara analis di Maybank Kim Eng Research memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Vietnam bisa mencapai 7 persen tahun ini. Angka ini lebih tinggi dibandingkan prediksi sebelumnya yang sebesar 6,8 persen.

Di sisi lain, United Overseas Bank mengubah outlook pertumbuhan ekonomi Vietnam jadi 6,8 persen dari yang sebelumnya 6,7 persen dan Capital Economics tidak mengubah proyeksi pertumbuhan ekonomi mereka di 7 persen.

Kinerja ekspor dan manufaktur yang solid mendorong kinerja perekonomian Vietnam tumbuh hingga 7,31 persen di kuartal III-2019.

Terjaganya kinerja perekonomian Vietnam berbalik dengan kondisi negara kawasan lain yang cenderung melambat lantaran ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China serta Jepang dan Korea yang menyebabkan permintaan global yang terus merosot.

Ekspansi inudstri di Vietnam memang terus tumbuh sejak akhir tahun lalu, dan menunjukkan pesatnya pertumbuhan manufaktur Vietnam lantaran perpindahan industri China yang menggeser pusat produksinya untuk menghindari pengenaan tarif yang lebih tinggi oleh AS.

Ekonom Maybank Linda Liu dan Chua Hak Bin mengatakan, meningkatnya pertumbuhan penanaman modal langsung (FDI) serta permintaan domestik yang kuat, seperti yang ditunjukkan oleh pertumbuhan penjualan ritel, diprediksi akan menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Vietnam hingga akhir tahun dan awal 2020 mendatang.


Sementara ekonomi negara-negara sekawasan lainnya, seperti Indonesia,  justru diproyeksikan turun.

Terakhir EOCD memangkas pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi hanya 5 persen saja dari sebelumnya 5,1 persen.

Sementara Singapura bahkan sudah berada di bibir jurang resesi. Pada kuartal II 2019, ekonominegeri Singa ini tumbuh hanya 0,1 persen. Angka ini jauh di bawah ekspektasi para ekonom yang disurvei Bloomberg, yakni 1,1 persen.

https://money.kompas.com/read/2019/10/01/084100526/beda-dengan-indonesia-pertumbuhan-ekonomi-vietnam-diprediksi-melejit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke