Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"High Technology", Transportasi Ibu kota Baru Tak akan Seperti Jakarta

Rencananya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menjelaskan konsep transportasi untuk ibu kota baru tersebut dalam Dialog Nasional Rancang Bangun dan Kesiapan Kalimantan Timur Sebagai Ibukota Baru di Balikpapan, Rabu (2/10/2019).

"Siang hari ini Menteri Perhubungan akan menjelaskan skema transportasi ibu kota baru yang menggunakan high teknologi seperti arahan Presiden," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hengki Angkasawan dalam siaran pers.

Dialog nasional ini bertujuan untuk memberikan penjelasan bahwa pembangunan transportasi di ibu kota baru di Kalimantan Timur akan dilakukan secara terkonsep. Sehingga nantinya ibu kota baru tidak seperti Jakarta yang identik dengan kemacetan, keruwetan, polusi dan kekumuhan.

Namun, pembangunan menciptakan ibu kota baru yang canggih, berteknologi, ramah lingkungan namun tetap menjaga kearifan lokal berupa hutan lestari, tanah dan lautan di Kalimantan Timur.

Selain itu kata Hengki, Menhub Budi juga akan menjelaskan kebijakan nasional terkait integrasi transportasi publik yang meliputi sektor darat, laut dan udara.

Akses transportasi merupakan salah satu hal terpenting karena berhubungan dengan aksesibilitas masyarakat.

"Karena kan fungsi utama perhubungan sendiri adalah menghubungkan publik transportasi yang memudahkan aksesbilotas masyarakat untuk menunjang aktifitas di ibukota baru," jelas Hengki.

Dalam dialog tersebut diharapkan muncul gagasan-gagasan terkait pembangunan ibu kota baru sehingga bisa menjadi pertimbangan pemerintah dalam pembangunan ibu kota baru nasional.

Selain Menhub, dialog juga akan dihadiri oleh Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan pejabat pemda terkait.

https://money.kompas.com/read/2019/10/02/123219926/high-technology-transportasi-ibu-kota-baru-tak-akan-seperti-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke