Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Ingin Milenial Tak Dipusingi Kemacetan di Ibu Kota Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginginkan generasi milenial yang tinggal di ibu kota baru tak lagi dipusingi oleh permasalahan kemacetan.

Pemerintah sendiri telah resmi menunjuk Kabupaten Panajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan TImur sebagai ibu kota baru.

“Seperti yang disampaikan ASN (Aparatur Sipil Negara) muda, (mereka) bidupnya tidak mau berhadapan dengan kemacetan, tidak berhadapan dengan polusi,” ujar Budi di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Budi, di ibu kota baru harus mengedepankan alat transportasi umum yang terintegrasi. Tak hanya itu, hak pejalan kaki di ibu kota baru harus diutamakan.

Dia menginginkan warga yang tinggal di ibu kota baru dibuat senyaman mungkin dalam berjalan kaki. Dengan begitu, masyarakat tak akan bergantung lagi dengan kendaraan pribadi.

“Bagaimana mencapai tempat kerja tidak lebih dari 30 menit. Berpindah ke angkutan massal, memulai pola hidup baru jalan 5 KM tanpa harus kepanasan, oleh karenanya kita harus buat pohon dan sebagainya, ini jadi konsep baru,” kata Budi.

Budi menambahkan, nantinya di ibu kota baru akan dibangun moda transportasi yang ramah lingkungan. Dengan begitu, kualitas udara di lokasi tersebut akan terjaga.

“Kita harus memberikan satu yang benar-benar baik agar semua orang-orang bersemangat untuk hadir di ibu kota baru,” ucap mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu.

https://money.kompas.com/read/2019/10/10/150043926/menhub-ingin-milenial-tak-dipusingi-kemacetan-di-ibu-kota-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke