Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Proyek Pembangunan LRT Jabodebek Tahap I Sudah 66,13 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) mengatakan, perkembangan pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek Tahap I sampai dengan 4 Oktober 2019, telah mencapai 66,13 persen.

Ada tiga lintasan dalam proyek LRT Jabodebek tahap I ini.

Pertama, lintas pelayanan 1 untuk rute Cawang-Cibubur, lintas pelayanan 2 untuk Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan lintas pelayanan 3 untuk Cawang-Bekasi.

"Untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur sudah 85,7 persen, lintas pelayanan 2 untuk Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 56,1 persen, dan lintas pelayanan 3 untuk Cawang-Bekasi Timur 59,5 persen," ujar Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Parwanto Noegroho dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/10/2019).

Proyek LRT Jabodebek tahap I ditargetkan beroperasi penuh pada November 2021. Sementara pada 18 Oktober mendatang, akan dilakukan uji coba teknis untuk rute Cibubur-Cawang.

Selain menyelesaikan pembangunan LRT Jabodebek rute Cibubur-Dukuh Atas, nantinya jalur transportasi layang ini juga bakal diperpanjang hingga ke Bogor dan Bekasi.

Rencananya perluasan tersebut bakal dioperasikan 2022.

Saat ini, Adhi Karya pun telah menerima pembayaran Rp 1,4 triliun dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dari pengerjaan proyek LRT Jabodebek dengan nilai mencapai Rp 1,4 triliun.

Parwanto mengatakan angka tersebut merupakan relisasi pembayaran keempat untuk proyek. Pembayaran dilakukan KAI sebagai pengelola proyek LRT Jabodebek kepada Adhi Karya yang merupakan kontraktor.

"Pembayaran ini dilakukan berdasarkan progres pekerjaan LRT Jabodebek Tahap I dari bulan Oktober 2018 hingga Maret 2019.

Pembayaran LRT Jabodebek dilakukan oleh Pemerintah melalui KAI berdasarkan hasil progres pekerjaan yang telah dievaluasi dan diperiksa oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan)," jelas dia.

https://money.kompas.com/read/2019/10/13/200827926/proyek-pembangunan-lrt-jabodebek-tahap-i-sudah-6613-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke