Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendag Ingin Ada Hari Khusus e-Commerce Jual Produk Lokal

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita meminta platform e-commerce untuk mengadakan kampanye satu hari khusus menjual produk-produk lokal.

Menurutnya, dengan adanya hari khusus tersebut, daya saing produk lokal bisa meningkat jika dibandingkan dengan pelaku usaha lokal dan internasional.

Hal tersebut dia ungkapkan di hadapan Direktur Shopee Handika Jahja ketika dalam acara konferensi pers Shopee 11.11 Big Sale di Jakarta, Senin (14/10/2019).

"Tolong penuhi juga pasar dalam negeri kita dengan produk-produk lokal kita. Ada baiknya secara bersama-sama sehari saja dalam sebulan hanya menjual produk lokal, benar-benar lokal," ujar dia.

Enggar pun mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan juga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan bakal menyusun regulasi yang lebih akomodatif agar hal itu bisa terlaksana.

Regulasi diperlukan agar hak-hak konsumen bisa terpenuhi.

"Kemendag dan DJBC akan menyusun pengamanan bagi konsumen agar hak-hak konsumen yang dipersyaratkan bisa dipenuhi," ujar dia.

Menanggapi hal tersebut, Handika mengatakan sangat mungkin bagi Shopee untuk mengimpelentasikan hari belanja khusus produk lokal.

"Itu kalau bisa dilihat tadi kan kita ada campaign-campaign besar ada hari-harinya. Jadi itu kita akan bikin satu hari untuk produk lokal," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2019/10/14/172900126/mendag-ingin-ada-hari-khusus-e-commerce-jual-produk-lokal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke