Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buka Trade Expo Indonesia, Wapres Ajak Mitra Dagang Kenali Potensi RI

TEI merupakan pameran dagang internasional terbesar se Indonesia, dan di tahun pelaksanaannya yang ke-34 ini bakal berlangsung pada 16—20 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.

Kalla mengatakan kepada negara-negara mitra dagang dalam sambutannya bahwa Indonesia memiliki potensi dan keberlanjutan dalam perdagangan, begitu pula dalam industri.

"Dan juga kemajuan-kemajuan Indonesia dalam berbagai bidang sehingga bisa meningkatkan perdagangan dan ekonomi kita bersama," ujar dia.

Wapres mengatakan, perdagangan antar-negara di dunia pada dasarnya tidak bisa dihindari. Sebab, tidak ada suatu negara yanh bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Sehingga kegiatan jual beli antar negara harus dilakukan.

Sebagai informasi, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan transaksi di Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 mencapai 1,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 23,8 triliun (kurs Rp 14.000 per dollar AS). Angka ini naik 15 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar 1,5 miliar dollar AS (Rp 21 triliun).

Pameran ini menampilkan barang-barang berkualitas ekspor sekaligus menjadi tempat untuk Indonesia menunjukan produksi buatannya ke pasar global.

TEI 2019 juga menyuguhkan berbagai kegiatan pendukung. Seperti, Forum Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi (Trade, Tourism and Investment/TTI Forum), yang terdiri dari berbagai kegiatan.

Kegiatan tersebut antara lain seminar, lokakarya, temu wicara, diskusi regional, kompetisi ekspor perusahaan rintisan, dan konseling bisnis.

Menteri Perdagagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, dalam pelaksanaan TEI tahun ini terdapat 35.000 eksportir, importir, dan investor.

"Ada peningkatan transaksi sebesar 15 persen dari target dan 3 tahun terakhir trade expo diselenggarakan tanpa APBN. Keberhasan Trade Expo bukti nyata kerja sama solid antara Indonesia dengan negar-negara mitra dagang," ujar Enggar dalam kesempatan yang sama.

Untuk menjaring buyer asing, Kemendag telah berkoordinasi dengan 132 kantor perwakilan Indonesia di luar negeri, 23 atase perdagangan, 19 Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia, Duta Besar World Trade Organization (WTO), serta Konsul Perdagangan.

https://money.kompas.com/read/2019/10/16/112524826/buka-trade-expo-indonesia-wapres-ajak-mitra-dagang-kenali-potensi-ri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke