Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kadin : Karena Perang, Tantangan di Sektor Transportasi Semakin Berat

Salah satunya kerena gejolak ekonomi dunia serta kondisi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Lesunya perekonomian global akan berdampak ke sektor transportasi dan logistik.

"Tantangan ke depan tidak mudah kinerjanya semakin berat melihat kondisi perang dagang AS dan China," kata Carmelita dalam Opening Ceremony Indonesia Transport Supply Chain & Logistics, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Namun demikian, pihaknya tetap optimistis sektor transportasi akan terus tumbuh dengan adanya dukungan pemerintah serta stakeholder terkait.

"Kami harus tetap optimis karena kelanjutan pembangunan infrastruktur masih jadi prirotas lima tahun mendatang, itu akan cukup mengerek sektor transportasi nasional," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, tantangan lain yang masih dihadapi sektor transportasi ialah masalah efisiensi serta beban biaya logistik yang dinilai masih tinggi. Faktanya, beban logistik berada di 24 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan harus menjadi perhatian.

"Pastinya akan berdampak pada daya saing kinerja kita. Untuk itu perbaikan kinerja logistik nasional tidak bisa hanya melihat kesuksesan negara lain tapi harus mencari solusi dan berbenah dengan mengikuti perkembangan teknologi. Ini tidak lepas dari kinerja kita yang menginginkan logistik lebih efisien," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2019/10/16/151001626/kadin-karena-perang-tantangan-di-sektor-transportasi-semakin-berat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke