Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun Depan, Kemendag Bakal Rampungkan 12 Perjanjian Dagang

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, beberapa perjanjian perdagangan yang ditargetkan bakal rampung di 2020 mendatang di antaranya adalah Regional Comprehensive Economic Partenership (RCEP), juga IEU-CEPA.

Selain itu, Enggar pun mengatakan, RI juga bakal melakukan perjanjian kerja sama dengan negara-negara perdagangan non tradisional seperti Bangladesh, negara kawasan Eurasia dan negara-negara Afrika.

"Kami targetkan 12 perjanjian perdagangan dapat selesai di tahun depan, termasuk RCEP dan IEU," ujar dia ketikia memberi paparan dalam Indonesia Trade Expo, di ICE BSD, Tangerang, Rabu (16/10/2019).

Enggar mengatakan, optimismenya tersebut didorong oleh kinerja kementeriannya yang dalam jangka wkatu tiga tahun telah mampu menyelesaikan 15 perjanjian perdagangan.

Dengan kian banyaknya perjanjian perdagangan tersebut, harapannya pasar ekspor Indonesia juga semakin luas.

Pemerintah tahun ini menargetkan ekspor non migas untuk tumbuh 9 persen tahun ini menjadi 175,8 miliar dollar AS dari yang sebelumnya sebesar 162,8 miliar dollar AS.

Enam faktor yang menjadi fokus untuk dikembangkan tahun ini adalah furniture dan produk kayu, makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, juga otomotif, elektronik, dan kimia dasar.

"Di tengah melemahnya perekonomian dunia, Indonesia menargetkan pertumbuhan ekonomi 5,2 persen di tahun 2019 yang berbasis pada ekspor dan investasi," ujar Enggar.

Adapun dengan memperbanyak perjanjian perdagangan, Indonesia bisa mendapatkan bea masuk impor ke negara mitra dagang lebih rendah, sehingga harga produk Indonesia menjadi lebih kompetitif.

Selama 2016 hingga 2019, pemerintah telah menyelesaikan perdagangan bilateral dengan Korea, Italia, EFTA, Chili dan juga perjanjian regional dengan Hong Kong dan Jepang, dan beberapa perjanjian lain.

https://money.kompas.com/read/2019/10/16/153315126/tahun-depan-kemendag-bakal-rampungkan-12-perjanjian-dagang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke