Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Percepat Penyelesaian Dokumentasi KPR, BTN Gunakan Aplikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meluncurkan aplikasi berbasis website “e-Mitra Operation” yang dapat diakses melalui situs https://emitra.btn.co.id.

Aplikasi ini diluncurkan guna meningkatkan kualitas kredit dan layanan kepada debitur, khususnya debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Aplikasi ini pun dapat mempercepat penyelesaian dokumentasi kredit.

Web e-Mitra berfungsi sebagai alat penunjang kerja sama dengan mitra, mulai dari pengajuan permohonan, monitoring hingga evaluasi atas kinerjanya. Adapun salah satu mitra BTN dalam hal ini adalah para Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

"Dengan adanya website, akan memudahkan koordinasi dengan rekanan notaris/PPAT dalam hal pemenuhan komitmen oleh notaris/PPAT guna menyelesaikan dokumentasi kredit/pembiayaan para debitur BTN sekaligus memberikan standarisasi sistem serta bentuk transparansi proses, prosedur, tugas dan wewenang maupun peran masing-masing dalam setiap proses kesepakatan perjanjian," kata Plt Direktur Utama BTN, Oni Febriarto Rahardjo dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Oni juga berharap, setelah implementasi e-Mitra Operation pelaksanaan kerja sama dengan Rekanan perkreditan/pembiayaan BTN khususnya notaris/PPAT akan semakin baik. Distribusi pekerjaan akan merata dan penyelesaian komitmen notaris/PPAT akan termonitor dengan tertib.

Sehingga, notaris/PPAT Rekanan dapat lebih fokus dalam menyelesaikan dokumen yang menjadi tanggung jawabnya.

Sementara itu, Direktur IT & Operation BTN, Andi Nirwoto menambahkan, website tersebut merupakan salah satu bentuk digitalisasi dan transformasi dalam sistem perbankan di BTN untuk menunjang bisnis utamanya.

"Nantinya web e-Mitra Operation diperuntukkan bagi rekanan penunjang perkreditan/pembiayaan seperti halnya notaris/PPAT, KJPP, KAP, Konsultan Pengawas, Perusahaan Asuransi dan Balai Lelang, namun untuk saat ini web tersebut baru mengakomodir kerja sama dengan notaris/PPAT," sebut Andi.

Setelah diluncurkan, BTN akan melakukan sosialisasi penggunaan web e-Mitra Operation dengan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah dan Ikatan Notaris Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2019/10/16/212200726/percepat-penyelesaian-dokumentasi-kpr-btn-gunakan-aplikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke