Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Ingin Indonesia Masuk 5 Ekonomi Terbesar Dunia di 2045, Apa Syaratnya?

Dengan demikian, di tahun yang bertepatan dengan satu abad kemerdekaan itu, Indonesia sudah bisa terlepas dari jebakan pendapatan kelas menengah atau middle income trap.

Direktur Riset Centre of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan, ada satu syarat yang harus dipenuhi dalam jangka menengah untuk keluar dari middle income trap, yaitu pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Berdasarkan perhitungannya, dalam 10 tahun ke depan, ekonomi Indonesia harus bisa tumbuh minimal 6,8 persen. Adapun saat ini, hingga akhir tahun ekonomi RI diperkirakan akan tumbuh sebesar 5 persen.

"Ini tidak mudah pastinya. Untuk bisa tumbuh di atas 5 persen saja selama ini sangat sulit," ujar Piter ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (20/10/2019).

Piter menilai, upaya pemeirntah untuk fokus meningkatkan kinerja perekonomian masih belum maksimal. Pemerintah belum melakukan sinergi untuk mengoptimalkan sumber daya ekonomi yang ada.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga belum menajadi tujuan utama semua Kementerian/Lembaga.


Piter menjelaskan, agar ekonomi RI dalam lima tahun ke depan bisa tumbuh di atas 6 persen, pemerintah perlu merombak total berbagai pendekatan dalam kebijakan ekonomi.

"Manfaatkan dan sinergikan kebijakan moneter fiskal dan sektor riil. Jadikan pertumbuhan ekonomi sebagai tujuan utama semua kementerian dan lembaga. Jadikan KPI (Key Performance Indicator)-nya menter-menteri ekonomi," ujar dia.

Adapun Chief Economist PT Bank Permata (Tbk) Josua Pardede mengatakan, prioritas pembagunan pemerintah dalam lima tahhun ke depan, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur menjadi kunci agar Indonesia bisa terlepas dari jebakan pendapatan kelas menengah.

Pemerintah harus segera menuntaskan berbagai halangan yang selama ini menjadi penyebab cenderung rendahnya tingkat investasi dalam negeri jika dibandingkan dengan negara peers.

"Setidaknya dalam 5 tahun mendatang orioritas pemerintah jelas, SDM menjadi salah satu kunci, dan mungkin dapaknya belum akan kita rasakan dalam 5 tahun ke depan. Efeknya beyond 2024 baru kelihatan, dikombinasikan dengan inftsruktur, diharapkan bisa menjadi pondasi pembangunan kita supaya 2045 benar-benar bisa keluar dari middle income trap," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2019/10/21/074400026/jokowi-ingin-indonesia-masuk-5-ekonomi-terbesar-dunia-di-2045-apa-syaratnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke