Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anak Pedagang Ayam Potong, Ini Profil Surya Tjandra Wamen ATR BPN

"Saya diminta membantu tugas Pak Sofyan Djalil menjadi Wakil Menteri ATR dan Wakil Kepala BPN," kata Surya Tjandra di Istana Kepresidenan, Jumat, (25/10/2019).

Siapa Surya Tjandra sebenarnya?

Diketahui Surya adalah seorang politisi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dikutip dari laman resmi PSI, pria kelahiran Jakarta 28 Maret 1971 ini dibesarkan di keluarga tidak mampu. Orangtuanya pedagang ayam potong di Pasar Jatinegara, Jakarta.

Saat itu, Surya dan orangtuanya tinggal di rumah kontrakan dan kerap berpindah-pindah, namun tidak pernah terlalu jauh dari pasar Jatinegara mengingat usaha orangtuanya yang seorang pedagang ayam potong.

Menyadari kondisi sulit tersebut, Surya memasang tekad untuk masuk ke sekolah negeri agar terjangkau biayanya.

Surya kemudian diterima di SMA Negeri 68, Jakarta Pusat, dan selanjutnya diterima di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI). dari situlah dia mulai menggeluti dunia hukum.

Lebih jauh dari itu, Surya mendapat beasiswa untuk meneruskan pendidikannya di bidang hukum untuk program S2 di Universitas Warwick, Inggris dan program S3 di Universitas Leiden, Belanda.

 Setelah lulus, dia memilih bekerja di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

 Terjun ke Politik

Tidak hanya menggeluti bidang hukum, Surya akhirnya bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dia pun mengikuti pemilihan umum legislatif Indonesia tahun 2019 menjadi salah seorang calon legislatif di daerah pemilihan Jawa Timur 5 (Malang Raya).

Di tahun ini juga, Surya akhirnya dipilih oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk membantu Sofyan Djalil di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai Wamen.

https://money.kompas.com/read/2019/10/25/145930726/anak-pedagang-ayam-potong-ini-profil-surya-tjandra-wamen-atr-bpn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke