Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PLN Dorong Program Percepatan Kendaraan Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mendorong upaya percepatan program kendaraan listrik.

Ini ditandai dengan perseroan untuk pertama kalinya menjadi sponsor pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Surabaya.

Selain untuk mengenalkan teknologi kendaraan bermotor listrik kepada masyarakat, kehadiran PLN di ajang tersebut untuk mendorong Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battey Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

“PLN sebagai agen pemerintah berkewajiban mendorong terlaksananya percepatan program kendaraan bermotor listrik di Tanah Air,” kata General Manager (GM) PLN Distribusi Jawa Timur, Bob Saril dalam pernyataannya, Rabu (30/10/2019).

Menurut Bob, animo masyarakat terhadap kendaraan listrik sangat besar karena memberikan banyak kelebihan dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar konvensional. Kelebihan tersebut antara lain dalam hal penggunaan baterai, dimana biaya operasionalnya lebih hemat.

Kendaraan listrik relatif pun aman dikendarai dan pemeliharan (maintenance) lebih mudah. Di samping itu, tidak ada emisi gas buang sehingga kendaraan sangat ramah lingkungan.

“Animo masyarakat yang besar ini semestinya pula direspon positif oleh perusahaan pabrikan untuk menyediakan kendaraan listrik secara massal,” jelas Bob.

Dukungan PLN untuk mengedukasi mobil bertenaga listrik kepada masyarakat dielaborasikan dengan menampilkan replika Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di IIMS Surabaya 2019.

Tujuannya agar masyarakat paham betul, bahwa program pemerintah menggalakkan kendaraan bertenaga listrik secara infrastruktur telah disiapkan.

“Secara pasokan listrik, PLN telah siap. Kami sedang siapkan infrastruktur untuk menunjang kendaraan bertenaga listrik,”  ungkap Bob.

Selain di charging station, pemilik kendaraan listrik sebenarnya juga dapat mengisi daya di mana saja, termasuk di rumah.

“Jadi tidak harus di SPKLU. Ini juga yang diedukasikan kepada pengunjung yang datang ke booth PLN, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran masyarakat yang ingin memiliki kendaraan bertenaga listrik seperti kekhawatiran kelangkaan station pengisian, pasokan listrik yang terbatas, hingga persoalan teknologi yang kurang familiar," ungkap dia.

Saat ini SPKLU yang telah diresmikan berlokasi di Tangerang, Bali Selatan, Jakarta, dan Bandung.

https://money.kompas.com/read/2019/10/30/171800826/pln-dorong-program-percepatan-kendaraan-listrik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke