Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani ke Dirjen Pajak Baru: Tugas Anda Sangat Berat...

Dalam sambutannya, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan bahwa tanggung jawab yang diemban oleh Suryo sangatlah berat. 

"Saya tidak memilih kata tidak ringan karena tapi sangat berat, karena 70 persen penerimaan APBN kita untuk mendukung seluruh aktifitas RI dari Direktorat Jenderal Pajak," ujar dia.

Perempuan yang akrab disapa Ani itu mengatakan, Suryo diharapkan mampu meneruskan reformasi fundamental di dalam Direktorat Jenderal Pajak yang sebelumnya sudah dilakukan di bawah kepemimpinan Robert Pakpahan.

Suryo juga diharapkan mampu menyelesaikan pembentukan core tax system agar kinerja Ditjen Pajak bisa lebih cepat dan efisien.

Selain itu, Suryo juga diharapkan mampu menjaga momentum penerimaan negara.

"Ini titipan langsung Bapak Presiden kepada Pak Suryo melalui saya agar Dirjen Pajak mampu menjaga momentum penerimaan negara namun tidak boleh merusak iklim bisnis dan investasi. Ini tujuan yang berat dan tidak mudah," ujar Sri Mulyani.

Tak hanya dari segi sistem perpajakan, Suryo juga harus melanjnutkan reformasi sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Ditjen Pajak. Perbaikan kompetensi tidak hanya di tingkat dirjen dan direktur saja, namun juga di jajaran pelaksana hingga pemeriksa.

"Kita perlu terus menata organisasi Direktorat Jenderal Pajak dan mengelola data yang begitu kaya dari dalam sendiri maupun yang diperoleh melalui automatic exchange of information (AEoI) dari akses informasi serta dari seluruh pembayar pajak di Indonesia. Dalam organisasi dan tata kelola Direktorat Jenderal Pajak kita mampu untuk makin mengelola dan memanfaatkan data itu sehingga mampu memberikan kepastian kepada masyarakat," tukas Sri Mulyani.

https://money.kompas.com/read/2019/11/01/113743226/sri-mulyani-ke-dirjen-pajak-baru-tugas-anda-sangat-berat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke