Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos Amazon Terancam Bayar Pajak Rp 91 Triliun, Kenapa?

Mengutip CNBC, Jakarta, Minggu (3/11/2019), kampanye yang dilakukan Elizabeth Warren dengan mengusung tema “Medicare for All” ditujukan kepada para pengusaha kaya raya. Tarif pajak akan dinaikkan menjadi 6 persen dari yang sebelumnya hanya3 persen.

Hal ini sekaligus menyeret nama CEO Amazon, Jeff Bezos yang masuk dalam daftar pengusaha terkaya di Amerika Serikat. Jika Warren menang dalam Pemilihan Presiden AS, Bos Amazon itu berpotensi akan membayar 6,5 miliar dollar AS atau Rp 91 Triliun (kurs 14.000 per dollar AS) untuk pajak kekayaannya.

Jika Jeff Bezos menjual saham Amazon, seperti yang setiap tahun dilakukannya, maka ia akan dikenakan tarif pajak saham sebesar 37 persen, sebelumnya hanya 23,8 persen.

Selain menyasar Jeff Bezos, kampanye Warren juga menyentil pendapatan bos Microsoft, Bill Gates. Warren tak hanya menetapkan pajak atas capital gain sebagai pendapatan biasa, tapi juga akan menetapkan pajak atas capital gain yang belum direalisasi.

Artinya, Bill Gates yang nilai kekayaannya meningkat tahun ini sebesar 18 miliar dollar AS dari apresiasi saham Microsoft, akan membayar pajak lebih dari 12 miliar dollar AS tahun ini.

https://money.kompas.com/read/2019/11/03/131500126/bos-amazon-terancam-bayar-pajak-rp-91-triliun-kenapa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke