Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perkenalkan Konsep Pengelolaan Keuangan Negara, Sri Mulyani Ajari Anak SD

Mengenakan busana atasan kemeja putih dan celana panjang hitam, perempuan yang akrab disapa Ani ini begitu antusias dalam memberi pelajaran dengan tema besar mengenai peran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga cara mengelola keuangan negara.

Pukul 09.00 WIB Sri Mulyani tiba di halaman SD Kenari I, dan langsung naik ke lantai 2 untuk mengisi pelajaran di kelas VI B.

"Selamat datang Bu Sri Mulyani..." seru anak-anak SD itu dengan ceria.

Ani pun membalas salam tersebut dengan berseloroh, apakah anak-anak SD Kenari benar-benar mengenal dirinya. Dia pun juga menanyakan kepada mereka, apakah sudah memahami peran yang dia emban sebagai Menteri Keuangan.

Dengan kompak, anak kelas VI SD Kenari menjawab bahwa sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani memiliki tanggung jawab sebagai bendahara negara. Di mana institusi yang dia pimpin bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan negara.

Dengan menggunakan perumpamaan yang mudah dipahami, Sri Mulyani mencoba memperkenalkan peran institusinya kepada murid kelas VI SD Kenari.

"Jalan raya apa bisa sim salabim? Enggak, berarti ada menteri yang harus urus uang, nah, siapa itu?," tanya Sri Mulyani kepada murid-murid yang duduk di depannya.

Para siswa pun langsung bersorak menyebut Sri Mulyani.

Kemudian Ani menjelaskan kepasa mereka, bahwa setiap pembangunan yang dimaksudkan untuk memajukan Indonesia, membutuhkan dana yang dikelola oleh Kementerian Keuanga

"Menterinya Menteri Keuangan, orangnya ada di sini," ujar dia.

Tak berhenti sampai di situ, lebih lanjut Sri Mulyani pun memaparkan dari mana asal uang yang digunakan untuk membangun.

Uniknya, anak-anak tersebut sudah paham sumber-sumber keuangan negara.

"Dari jual beli, pajak, cukai Buu," seru anak-anak.

Sebagai informasi, Kemenkeu Mengajar Sebuah kegiatan mengajar selama satu hari di Sekolah Dasar (SD). Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu.

Sukarelawan dari pegawai Kemenkeu akan mengajarkan bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan memperkenalkan profesi yang ada di Kementerian Keuangan. Relawan juga akan mengajarkan nilai-nilai dan semangat yang ada dibawa oleh Kementerian Keuangan.

Kegiatan ini mengusung semangat kesukarelaan, panitia tidak memungut biaya apapun pada sekolah dan pegawai yang mengikuti Kemenkeu Mengajar juga tidak akan mendapatkan pembayaran, baik honor maupun SPD. Biaya yang ditimbulkan atas penyelenggaran kegiatan ini tidak dibebankan pada APBN (Non-APBN).

https://money.kompas.com/read/2019/11/04/113310726/perkenalkan-konsep-pengelolaan-keuangan-negara-sri-mulyani-ajari-anak-sd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke