Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Sentil Impor Cangkul, Menperin Singgung Kesadaran Pembeli

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menilai belum adanya kesadaran para pembeli menjadi penyebab masih adanya impor cangkul atau pacul.

Hal itu disampaikan Agus saat ditanya wartawan terkait masih adanya impor cangkul. Hal ini yang sempat disentil oleh Presiden Joko Widodo.

“Seperti sekarang kita harus memunculkan kesadaran dari offtaker (pembeli),” ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Padahal, kata Menperin, produksi cangkul dalam negeri sudah tersedia dan sudah bisa memberikan suplai kepada kebutuhan pasar dalam negeri.

Bahkan, Agus memuji kualitas cangkul buatan dalam negeri yang menurutnya sudah bagus dan tidak kalah dengan cangkul impor.

“(Jadi) kesadarannya (pembeli) belum ada, kalau kualitasnya sudah bagus. itu yang kita kampanyekan,” kata dia.

Selanjutnya ia mengungkapkan rencana pemerintah untuk melakukan sosialisasi cangkul buatan dalam negeri.

Ia berharap, belanja kementerian, lembaga atau BUMN bahkan perusahaan lebih mempriotaskan produk dalam negeri ke depan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk memprioritaskan barang produksi dalam negeri ketimbang barang impor.

Apalagi, jika memang industri dalam negeri bisa memproduksi barang tersebut, Jokowi meminta jangan sampai barang impor justru lebih diprioritaskan.

"Misalnya urusan pacul, cangkul, masa masih impor?" kata Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019, Rabu (6/11/2019).

https://money.kompas.com/read/2019/11/07/151550226/jokowi-sentil-impor-cangkul-menperin-singgung-kesadaran-pembeli

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke