Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KAI Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun untuk Kembangkan Bisnis

"Ini kelanjutan dari obligasi pertama. Karena kami ignin untuk memberikan peningkatan pelayanan yang lebih baik. Dari sisi kenyamanan, keamanan dan keselamatan perjalanan kereta," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro pada acara Investor Gathering di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Edi menjelaskan bahwa obligasi II KAI 2019 memiliki nilai nominal sebanyak-banyaknya sebesar Rp 2 triliun.

Dana yang diperoleh dari obligasi ini, setelah dikurangi Rp 1,2 triliun akan digunakan untuk pembayaran sebagian pokok pinjaman pada PT Bank HSBC Indonesia dan sisanya akan digunakan untuk pengadaan sarana baru dan pembaruan sarana.

Penjamin Pelaksana Emisi dalam Obligasi ini adalah PT Mandiri Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, PT BCA Sekuritas, PT BNI Sekuritas, dan PT Danareksa Sekuritas.

Obligasi ini mendapatkan peringkat idAAA (Triple A; Stable Outlook) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Obligasi terbagi menjadi dua seri di mana Seri A berjangka waktu 5 tahun dengan indikasi tingkat kupon Obligasi 7,45- 8,10 persen per tahun, Seri B berjangka waktu 7 tahun dengan indikasi tingkat kupon Obligasi 7,80-8,50 persen per tahun.

Selama 5 tahun terakhir dari tahun 2014 hingga 2018, KAI mencatatkan pertumbuhan pendapatan rata-rata sebesar 25,5 persen dan rata-rata pertumbuhan laba bersih tahunan sebesar 22,3 persen.

Di akhir semester I 2019, total aset KAI mencapai Rp 41,2 triliun.

https://money.kompas.com/read/2019/11/11/145144526/kai-terbitkan-obligasi-rp-2-triliun-untuk-kembangkan-bisnis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke