Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hati-hati, Rekrutmen Palsu Mengatasnamakan Garuda Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Petugas sekuriti Garuda Indonesia berhasil mengamankan dan menyerahkan kepada polisi pelaku penipuan rekrutmen yang mengaku pilot maskapai pelat merah ini.

Modus penipuan yang pelaku tersebut lakukan adalah dengan memalsukan kartu identitas karyawan Garuda Indonesia, dan mengaku mengenal pejabat di perusahaan penerbangan ini.

Pelaku berinisial AMA itu mengaku bisa membantu para calon pilot untuk bisa bekerja di Garuda Indonesia. Petugas juga mengamankan ID card pilot yang dipalsukan serta seragam pilot yang dibeli di pasar bebas.

"Garuda Indonesia akan terus memantau dan bekerjasama dengan aparat penegak hukum terkait proses hukum yang sedang berlangsung," kata M Ikhsan Rosan, VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/11/2019).

Ikhsan menegaskan, Garuda Indonesia tidak pernah memungut biaya apapun selama proses rekrutmen berlangsung. Seluruh biaya transportasi dan akomodasi selama proses rekrutmen jadi tanggungan peserta masing-masing.

Informasi mengenai kegiatan rekrutmen, Ihksan bilang, akan Garuda Indonesia disampaikan hanya melalui website karir resmi di http://career.garuda-indonesia.com atau melalui media sosial resmi Garuda.

Bagi kandidat karyawan yang memenuhi syarat untuk maju ke tahapan berikutnya, bakal Garuda Indonesia informasikan lebih lanjut melalui e-mail resmi rekrutmen Garuda Indonesia.

E-mail tersebut adalah recruitment@garuda-indonesia.com untuk rekrutmen pegawai darat, fatraining@garuda-indonesia.com untuk rekrutmen awak kabin, dan pilot.recruitment@garuda-indonesia.com atau operationtraining@garuda-indonesia.com untuk rekrutmen penerbang.

Ikhsan menambahkan, Garuda Indonesia tidak bertanggungjawab atas segala kerugian yang peserta alami terkait dugaan upaya penipuan yang terjadi dalam proses rekrutmen dan seleksi.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati jika menemukan informasi rekrutmen palsu yang mengatasnamakan Garuda Indonesia," imbuh Ikhsan. (SS. Kurniawan)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Hati-hati! Rekrutmen palsu mengatasnamakan Garuda Indonesia

https://money.kompas.com/read/2019/11/17/080700326/hati-hati-rekrutmen-palsu-mengatasnamakan-garuda-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke