Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Genjot Jumlah Investor Ritel Reksa Dana, Ini Upaya Tokopedia

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform ekosistem Tokopedia menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APRDI), dan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk meningkatkan jumlah investor ritel.

Adapun kerja sama tersebut berupa kampanye #InvestasiAjaDulu reksa dana dalam bentuk seminar.

Nantinya, para calon investor bisa membeli produk reksa dana dengan harga minimal Rp 10.000 di aplikasi Tokopedia.

"Kampanye ini kami harapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan dari mahasiswa sampai Ibu Rumah Tangga (IRT) agar mempersiapkan masa depan mereka dengan produk investasi reksa dana. Sehingga ke depannya dapat membantu inklusi keuangan dan akselerasi perekonomian Indonesia," kata AVP of Fintech Tokopedia Samuel Sentana di Jakarta, Senin (18/11/2019).

Ke depan, kata Samuel, seminar tersebut tidak hanya diadakan di Jakarta. Tapi juga menyebar di kota-kota besar lain seperti Bandung. Begitu pun kota-kota kecil.

"Selain itu untuk meningkatkan inklusi, kami akan luncurkan produk-produk yang lebih terpenetrasi. Bisa ada reksa dana saham dan reksa dana fix income," ucapnya.

Ketua Presidium Dewan APRDI Prihatmo Hari Muljanto mengatakan, investasi reksa dana semakin menarik dilihat dari pertumbuhannya.

Dana kelolaan tembus Rp 551 triliun dengan jumlah investor mencapai 1,5 juta. Namun, komposisinya masih didominasi oleh investor institusi.

"Komposisi dari investor memang masih didominasi oleh investor institusi. Padahal investor ritel merupakan segmen yang sangat strategis ke depan," ucapnya di kesempatan yang sama.

Untuk itu, pihaknya menyambut baik sinergi dengan Tokopedia karena dapat meningkatkan komposisi investor ritel, mengingat Tokopedia menyasar produk investasi untuk masyarakat keseluruhan.

"Reks adana ini instrumen yang cocok untuk nasabah ritel. Targetnya ritel. Nah proses-proses tradisional dan face to face akan sangat terbantu dengan fasilitas teknologi. Oleh karena itu kami akan mendukung Tokopedia," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2019/11/18/133000526/genjot-jumlah-investor-ritel-reksa-dana-ini-upaya-tokopedia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke