Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Target Konsumsi Ikan Nasional Menteri KKP Edhy Prabowo

Hal ini disampaikan Edhy di sela-sela acara Dialog dan Makan Ikan Bersama di Gedung Mina Bahari KKP, Gambir Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2019).

“Target kami kan sekarang di 55 kg per kapita. Kami target di tahun 2020 agak tinggi sekitar 59 kg. Potensi kita cukup besar,” ungkap Edhy.

Menurut Edhy, target tersebut bisa tercapai jika saja ditopang oleh tenaga kerja di sektor kelautan dan perikanan yang memumpuni.

Edhy mengatakan saat ini potensi produksi ikan nasional sebesar 12,5 juta ton, namun penangkapan dan pengolahan sektor perikanan masih kurang maksimal.

“Untuk ditangkap dan diolah itu hanya 80 persen saja atau 10 juta ton sedangkan potensi kita (saat ini) sekitar 8 juta ton dan kita harapkan bisa kita tingkatkan sampai dengan 10 juta ton,” ungkap Edhy.

Namun, sektor kelautan dan perikanan masih terkendala masalah perizinan yang dinilai masih terkendala. Oleh sebab itu, Edhy berupaya untuk fokus pada kemudahan perizinan di sektor perikanan.

Adapun alasan Edhy bahwa perizinan belum sepenuhnya selesai akibat ia masih mengkaji potensi-potensi untung rugi yang mungkin akan timbul.

“Kemarin kami ditegur saat rapat di DPR karena perizinan masih mangkrak dan kurang optimal. Saya yakin dengan memudahkan perizinan takutnya nanti bagaimana? Nah ini yang perlu control check,” ungkap Edhy.

https://money.kompas.com/read/2019/11/21/150432026/ini-target-konsumsi-ikan-nasional-menteri-kkp-edhy-prabowo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke