Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agar Terhindar dari Investasi Bodong, Simak 2 Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini ramai di dunia maya soal investasi bernama Binomo yang dikabarkan bisa menghasilkan 1.000 dollar AS tanpa harus meninggalkan rumah.

Namun, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sudah menyatakan bahwa Binomo tidak berizin atau ilegal.

Lalu, bagaimana cara kita menghindari investasi bodong?

Perencana keuangan dari Finansialku, Melvin Mumpuni membagikan tipsnya agar siapapun yang ingin memulai investasi agar berhati-hati dan terhindar dari investasi bodong.

Melvin mengatakan pertama yang harus diperhatikan adalah soal status legalitasnya, apakah investasi itu terdaftar atau tidak.

"Sebelum investasi pelajari dulu produknya. Misal kayak binary trading itu apa? Bagaimana cara kerjanya? Jangan asal tebak-tebakan," ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/11/2019)

Ia menilai apa yang diiklankan oleh Binomo seolah menjebak masyarakat ke perjudian dan bukan investasi karena menebak-nebak naik atau turun.

"Cari tahu bagaimana cara mengelola risiko, misal trading di Binomo, Risk managementnya seperti apa?" Ucapnya

Kemudian, sebelum memulai berinvestasi Melvin mengingatkan agar setiap orang membekali dirinya dengan pengetahuan soal keuangan dan perencanaan.

"Investasi itu harus pakai perencanaan. Tahu dulu tujuan keuangannya, berapa yang dibutuhkan, berapa kemampuannya baru pilih produk investasinya," katanya.

Sebelumnya diberitakan, ternyata Binomo masuk dalam deretan investasi berstatus ilegal alias investasi bodong.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan telah meminta kepada Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) untuk segera memblokir situs Binomo.com dan Binomo.net.

Nyatanya, Binomo yang menyediakan jasa trading forex malah bersalin rupa dengan alamat laman baru.

Kepala Bappebti Kemendag, Tjahja Widayanti mengatakan, selama ini pihaknya telah bertindak agar usaha trading tersebut segera dilakukan pemblokiran. Selain itu, akan terus mengawasi segala upaya yang dilakukan Binomo.

"Kami akan selalu memantau dan memblokir situs-situs yang ilegal dengan bantuan Kominfo," katanya kepada Kompas.com, Senin.

https://money.kompas.com/read/2019/11/25/143819126/agar-terhindar-dari-investasi-bodong-simak-2-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke