Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Izin Operasi Uber di London Dicabut

LONDON, KOMPAS.com - Perusahaan transportasi berbasis aplikasi Uber tidak diberikan izin baru untuk beroperasi di London, Inggris oleh Transport for London (TfL).

Ini menyusul kegagalan keselamatan yang terjadi secara berulang.

Dilansir dari BBC, Selasa (26/11/2019), regulator menyatakan Uber tidak memenuhi kelayakan sebagai pemegang izin operasional, meskipun sudah melakukan serangkaian perubahan positif dalam operasinya.

Uber sebelumnya kehilangan izin operasi pada tahun 2017. Namun, Uber kemudian memperoleh dua kali perpanjangan izin, yang terakhir jatuh tempo pada Minggu (24/11/2019) lalu.

Adapun pihak Uber menyatakan bakal mengajukan peninjauan kembali dan tetap beroperasi selama proses pengajuan izin. Saat ini ada sekira 45.000 mitra pengemudi Uber di London da merupakan lima besar pasar penting Uber secara global.

Terkait penghentian izin operasi, TfL menyatakan telah mengidentifikasi pola kegagalan yang mengganggu keselematan dan keamanan penumpang.

Ini terkait perubahan sistem Uber, yang memungkinkan mitra pengemudi tak terdaftar mengunggah foto mereka ke akun pengemudi Uber lainnya.

TfL mengungkapkan, ada sekitar 14.000 perjalanan berisiko yang terjadi di London pada akhir 2018 dan awal 2019.

Regulator juga menemukan bahwa mitra pengemudi yang terkena sanksi atau sudah diberhentikan dapat membuat akun Uber dan melayani penumpang.

"Meski kami menemukan bahwa Uber telah membuat sejumlah perbaikan, namun tak bisa diterima bahwa Uber telah mengizinkan penumpang berkendara dengan mitra pengemudi yang kemungkinan tidak terdaftar dan tidak diasuransikan," kata Direktur Perizinan dan Regulasi TfL Helen Chapman.

Uber menyatakan keputusan tersebut luar biasa dan salah. Pihak Uber juga menyebut telah mengubah bisnisnya secara fundamental dalam dua tahun terakhir.

Menurut data Uber, sebanyak 24 persen penjualannya berasal hanya dari 5 kota, termasuk London. Empat kota lainnya adalah Los Angeles, New York City, San Francisco, dan Sao Paulo.

https://money.kompas.com/read/2019/11/26/160000326/izin-operasi-uber-di-london-dicabut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke