Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Hadapan Jokowi, Gubernur BI Sindir Perbankan Soal Suku Bunga Kredit

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam pertemuan tahunan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di hadapan langsung Presiden Joko Widodo menyindir para pelaku perbankan yang masih enggan menurunkan suku bunga kredit serta penyaluran pinjaman dana. 

Sebab, BI telah menurunkan suku bunga acuannya 7 Day Reverse Repo Rate (7DRRR) sebanyak 4 kali tahun ini hingga ke angka 5 persen.

"Perbankan sudah mulai menurunkan suku bunga, terutama suku bunga simpanan. Sementara penurunan suku bunga kredit, masih terbatas. Dengan skema Bank Indonesia yang akomodatif, kami harapkan perbankan mempercepat penurunan suku bunga dan penyaluran kredit," ujarnya di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Tak hanya itu, Perry meminta kepada para pelaku perbankan yang hadir dalam pertemuan tersebut untuk memacu kinerja mereka dalam memperkuat perekonomian Indonesia pada tahun 2020.

"Dalam kesempatan ini, kami mengajak perbankan dan dunia untuk bersama memperkuat confidence dan optimisme membangun ekonomi Indonesia lebih baik ke depan. Sudah saatnya perbankan meningkatkan PDB, korporasi, mendorong produksi dan investasi," ucapnya.

Selain itu, ia memaparkan sekilas kebijakan BI yang telah dilakukan sepanjang 2019. Termasuk kebijakan terakhir, yakni merelaksasi ketentuan loan to value (LTV) untuk segmen properti dan kendaraan masing-masing sebesar 5 dan 10 persen.

"Untuk mendorong perbankan dan pembiayaan ekonomi, kami juga melonggarkan kembali kebijakan makroprudensial. Pada tahun 2019, ketentuan uang muka rasio kredit kami turunkan lagi untuk mempermudah kepemilikan rumah dan kendaraan. Termasuk yang ramah lingkungan. Rasio intermediasi makroprudensial kami perlonggar untuk facility dan kredibilitas dalam memperluas pendanaan perbankan," katanya.

Bank Indonesia telah mematok Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan pada 2020, diperkirakan mencapai 8-10 persen. Sementara itu, pertumbuhan kredit diperkirakan mencapai 10-12 persen.

https://money.kompas.com/read/2019/11/29/093148526/di-hadapan-jokowi-gubernur-bi-sindir-perbankan-soal-suku-bunga-kredit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke