Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Ditutup Melemah, Pasar Khawatir Kesepakatan Dagang Terhambat

Menurut Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, sentimen yang mempengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS masih berkaitan dengan dukungan Trump terhadap Hong Kong.

"Rupiah kembali tertekan terhadap dollar AS hari ini terkait kekhawatiran negosiasi dagang. Pasar khawatir Tiongkok akan mempermasalahkan UU Hong Kong yang disahkan Trump dalam negosiasi sehingga menghambat kesepakatan dagang," kata Ariston kepada Kompas.com.

Selanjutnya, Ariston mengatakan perdagangan mata uang Asia juga bervariasi mengingat AS sudah memasuki masa reses.

"Kisaran perdagangan juga cukup tipis hari ini, mungkin terkait dengan libur panjang thanksgiving di AS sehingga pasar tidak berani mengambil posisi besar," jelasnya.

Sebelumnya diketahui, pekan ini Trump mengambil keputusan yang berpotensi menuai amarah China. Trump menandatangani RUU dukungan kepada China terkait demonstrasi anti pemerintahan, artinya saat ini RUU HAM Hong Kong sudah menjadi UU.

Meski belum mendapatkan komentar dari presiden China, Xi Jinping namun pelaku pasar mulai apatis terhadap rencana kesepakatan dagang pada Desember 2019 mendatang.

Dollar Singapura terlihat melemah sore ini yakni pada level 1.366 per dollar AS atau turun 0,06 persen. Sementara Yen Jepan melemah 0,04 persen pada level 109 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2019/11/29/180109926/rupiah-ditutup-melemah-pasar-khawatir-kesepakatan-dagang-terhambat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke