Salin Artikel

4 Langkah Agar Bonus Akhir Tahun Anda Bermanfaat dan Tak Numpang Lewat

Besaran bonus di setiap perusahaan tentu berbeda. Ada yang satu kali lipat dari gaji pokok, ada juga yang dua kali lipat, bahkan tiga kali lipatnya.

Namun tentu sayang sekali bila Anda menghabiskan bonus dengan percuma, alias numpang lewat. Agar bonus Anda tidak habis dengan percuma, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

Apa saja? berikut 4 langkah agar bonus akhir tahun bermanfaat dan tak numpang lewat:

1. Investasi

Tujuan investasi pada dasarnya adalah mendapatkan untung lebih besar dari yang anda keluarkan. Investasi juga bermacam jenis seperti investasi deposito, investasi saham ataupun investasi emas.

Business Development Director Lakuemas Junior Sambyanto mengusulkan investasi yang paling cocok adalah emas. Karena resiko terkena resesi investasi emas sangat sedikit.

"Karena emas itu dalam bentuk barang jadi resiko resesi ya sedikit dan perlu diingat untuk membeli emas harus menggunakan sertifikat," ujarnya saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Jumat (29/10/2019).

2. Lunasi Utang

Dengan cairnya tunjangan bonus anda dapat memanfaatkan momen ini untuk melunasi utang. Kalaupun bonus tidak cukup untuk melunasi utang sebaiknya anda dapat mencicilnya.

3. Menabunglah

Jika anda merasa bonus yang anda dapatkan berlebih dan sudah membeli semua kebutuhan, tidak ada salahnya mengalokasikan bonus ke dalam tabungan. Hitung-hitung saat membutuhkan dana dalam waktu yang kepepet, anda dapat menggunakan sebagian tabungan tersebut.

4. Beri hadiah untuk anda sendiri

Tak ada salahnya memberi hadiah atas perjuangan anda bekerja selama setahun ini, hitung-hitung menyenangkan dan memotivasi diri untuk bekerja lebih baik di tahun depan.

Beli barang yang anda sukai atau anda bisa gunakan untuk hobi anda, termasuk berlibur. Disarankan untuk membeli barang yang bermanfaat atau liburan dengan harga terjangkau.

https://money.kompas.com/read/2019/12/11/081000426/4-langkah-agar-bonus-akhir-tahun-anda-bermanfaat-dan-tak-numpang-lewat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.