Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nadiem Makarim Masuk di Top Search Google Sepanjang 2019

Year in Search 2019 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Year in Search menunjukkan bahwa 2019 adalah tahunnya masyarakat Indonesia menaruh perhatian lebih terhadap perubahan dan harapan,” ujar Head of Marketing, Google Indonesia, Philippines dan NBU Asia Tenggara (SEA) Veronica Utami melalui keterangan persnya Rabu (11/12/2019).

Dalam daftar tersebut, nama Nadiem Makarim yang kini menjabat menjadi Menteri Pendidikan itu masuk kedalam Year in Search 2019 milik Google Indonesia. 

Nadiem sendiri awalnya dikenal sebagai bos dari perusahaan decacorn Gojek. Namun menjelang pemilihan menteri oleh Presiden Joko Widodo, namanya masuk menjadi anggota menteri di kabinet yang baru. 

Nadiem Makarim kemudian resmi dilantik sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( mendikbud) oleh Presiden Joko Widodo. Dia kemudian memutuskan untuk melepas jabatannya di perusahaan rintisan (startup) Gojek yang ia bangun sejak tahun 2009.

Namanya pun juga diperbincangkan di media luar negeri. Seperti contohnya The Strait Times yang merupakan media asal Singapura, mereka menuliskan berita berjudul: Pendiri GoJek Masih Memiliki Saham, Tapi Mundur dari Perusahaan untuk Bergabung dengan Kabinet Joko.

Artikel tersebut mengomentari diangkatnya Nadiem sebagai Mendikbud, sembari melepaskan jabatannya sebagai CEO GoJek, namun tetap mempertahankan saham yang di startup yang didirikannya. 


Tokoh Lainnya

Adapun tokoh seperti Wishnutama, dan Edhy Prabowo yang banyak dicari oleh pengguna Google Indonesia.

Selain nama tokoh besar yang masuk dalam beragam kategori tren pencarian, tahun ini merupakan tahun kepergian bagi banyak pelopor dan tokoh pemikir hebat di negeri ini. Mulai dari para pemimpin Indonesia, hingga para atlet muda yang patut dihargai dan dikenang.

Ada sembilan kategori yang diumumkan tahun ini, diantaranya, daftar utama Tren Penelusuran, Tokoh, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, dan Film.

https://money.kompas.com/read/2019/12/12/063500226/nadiem-makarim-masuk-di-top-search-google-sepanjang-2019

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke