Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bantu Jokowi, Putri Tanjung Bakal Kerahkan Para Pekerja Kreatif

Nantinya, Putri Tanjung akan melibatkan Kreavi, platform para pekerja kreatif untuk melatih para pelaku UMKM. Hal itu ia sampaikan setelah bertemu dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

"Kami telah menyiapkan program upskilling untuk meningkatkan kemampuan anak muda melalui pelatihan-pelatihan terkait pengetahuan bisnis hingga pemasaran produk, baik ekspor atau impor," ujarnya seperti dikutip dari Kemenkop UKM.

Kreavi bukanlah hal baru bagi Putri Tanjung. Sebab saat ini ia masih menjadi Chief Business Officer (CBO) Kreavi.

Saat ini, platform Kreavi yang terdiri dari 55.000 tenaga kreatif yang membantu UMKM.

Putri konglomerat Chairul Tanjung itu mengatakan, rencana upskilling tersebut masih dalam proses perencanaan program. Nantinya juga akan direncanakan talent voting atau pemilihan UMKM muda yang memiliki produk-produk potensial untuk diberikan materi dan pelatihan.

Ia menambahkan pihaknya juga akan siap membantu UMKM kaum ibu yang tergabung dalam program Membina Ekonomi Keluarga (Mekaar).

Mekaar merupakan program unggulan dari Permodalan Nasional Madani (PNM) yang menyasar kalangan ibu-ibu rumah tangga prasejahtera. Mayoritas nasabah yang merupakan usaha mikro seperti pedagang kelontongan, usaha perdagangan dan jasa lainnya.

"Dalam hal ini ibu-ibu adalah UMKM pemula yang baru merintis dan tentunya kami akan membantu baik dalam hal perbaikan packaging, repackaging, rebranding dan perbaikan mutu kualitas produk," jelasnya.

Pinjaman yang dikucurkan senilai Rp 2 juta sampai Rp 5 juta per orang untuk setiap kelompok. Satu kelompok terdiri dari minimal 10-30 orang. Saat ini program Mekaar sudah menjangkau 5,4 juta kaum ibu.

https://money.kompas.com/read/2019/12/13/183204526/bantu-jokowi-putri-tanjung-bakal-kerahkan-para-pekerja-kreatif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke