Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Atur Keuangan? Gunakan 4 Macam Aplikasi Ini di Ponsel Anda

JAKARTA, KOMPAS.com - Smartphone saat ini menjadi sesuatu hal yang prioritas. Sebab, tak hanya menelepon dan berinternet, smartphone juga dapat digunakan untuk beragam hal.

Apalagi ditambah dengan majunya teknologi membuat banyak fitur yang hadir di berbagai aplikasi smartphone untuk menolong aktivitas anda.

Dikutip dari ET Now, Rabu (18/12/2019), sebuah studi yang dilakukan oleh Google pada tahun 2016, orang-orang berusia 18-64 tahun memiliki 2,5 aplikasi keuangan pada smartphone mereka.

Ada beberapa jenis aplikasi yang bisa Anda unduh untuk memudahkan Anda dalam megatur keuangan, berikut ini uraiannya.

1. Dompet elektronik

Aplikasi dompet elektronik atau e-wallet sangat berguna untuk melakukan pembayaran tanpa uang tunai, mengirim uang kepada orang lain, dan juga untuk membayar tagihan.

Sesuai dengan namanya, Anda tidak perlu lagi membawa dompet fisik atau menggunakan uang tunai untuk semua transaksi. Sebab, aplikasi ini dapat membantu Anda melakukan beragam transaksi keuangan sesuai kebutuhan. 

Di Indonesia, sudah ada beberapa aplikasi dompet elektronik yang hadir dan dapat Anda gunakan, sebut saja DANA, LinkAja, GoPay, Doku, dan sebagainya.

2. Aplikasi penyusunan anggaran

Aplikasi budgeting atau penyusunan anggaran dapat membantu Anda mengelola keuangan. Pasalnya, perlu diingat bahwa pengeluaran kecil sepanjang bulan apabila dilakukan terus-menerus membuat uang juga cepat habis tanpa disadari.

Aplikasi ini dapat membantu Anda merinci pengeluaran, menetapkan anggaran, bahkan mengingatkan Anda apabila batas pengeluaran melampaui batas anggaran.

Ada beberapa aplikasi penyusunan anggaran yang bisa Anda unduh di Playstore, seperti 1Money, Money Manager, Wallet, Money Manager Expense & Budget, dan lain-lain.

3. Aplikasi perbankan

Apabila anda harus mengunjungi kantor cabang bank untuk mentransfer uang di tengah-tengah kesibukan, maka bisa jadi Anda buang-buang waktu.

Nah, kenapa tidak menggunakan aplikasi mobile perbankan alias mobile banking saja?

Sebab, aplikasi perbankan tak hanya bisa membantu Anda mentransfer uang, namun juga transaksi keuangan lainnya, sebut saja membeli token listrik, pulsa, dan sebagainya.

4. Aplikasi investasi

Selain menabung, investasi juga menjadi aspek penting dalam pengelolaan keuangan. Investasi kini bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone Anda.

Misalnya saja reksa dana. Saat ini banyak Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) menyediakan aplikasi transaksi reksa dana yang bisa diunduh di smartphone. 

Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah, cepat, dan nyaman dalam berinvestasi. Sebagian aplikasi juga dilengkapi dengan layanan penasihat uang yang membantu Anda memilih saham dan reksa dana yang tepat.

https://money.kompas.com/read/2019/12/18/122954526/ingin-atur-keuangan-gunakan-4-macam-aplikasi-ini-di-ponsel-anda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke