Salin Artikel

PGN Buka Kesempatan Kerja bagi Penyandang Disabilitas

KOMPAS.com – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) membuka kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas.

Saat ini pun telah ada beberapa pegawai penyandang disabilitas di lingkungan kerja PGN. Salah satu pegawai adalah Dian Lestari Anggaraini sebagai penyandang tuli ringan.

Ia lolos rekrutmen bersama BUMN dan bergabung dengan PGN sejak Agustus 2019 lalu dalam Divisi Human Capital Management (HCM) PGN.

“Rekrutmen bersama BUMN yang bekerja sama dengan FHCI (Forum Human Capital Indonesia) merupakan salah satu program yang sangat bagus,” ujar Dian dalam keterangan tertulis (20/12/2019).

Ia melanjutkan, FHCI membuka kesempatan yang sama untuk berbagai kalangan, baik reguler atau disabilitas dari seluruh Indonesia.

FHCI adalah forum komunikasi yang bertujuan memberi pemikiran strategis dan kebijakan dalam bentuk saran, kajian, masukan, pendapat, dan rekomendasi terkait pengembangan Human Capital kepada BUMN.

PGN pun telah terdaftar dalam forum komunikasi tersebut untuk memperluas wawasan, meningkatkan pengetahuan, dan meluaskan jaringan perusahaan.

Menurut Dian, lingkungan kerja di PGN sangatlah nyaman, termasuk untuk penyandang disabilitas seperti dia.

“PGN juga selalu terbuka dengan ide-ide baru dari seluruh pekerja yang membuat perusahaan terus berkembang dan berinovasi,” ujar dia.

Wujud nyata komitmen PGN

Pemberian kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas merupakan wujud nyata komitmen PGN dalam menyalurkan energi baik kepada setiap insan di seluruh negeri.

“Setiap insan PGN, siapa pun itu, asal memiliki kemampuan dan kompetensi yang baik, berhak mendapat kesempatan untuk bisa berdedikasi di PGN,” ujar Direktur SDM dan Umum PGN Desima Siahaan.

PGN mengacu pada UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, khususnya terkait Pasal 11 ayat 1.

UU tersebut menyatakan, penyandang disabilitas berhak memperoleh pekerjaan yang diselenggarakan Pemerintah, Pemerintah Daerah, atau swasta tanpa diskriminasi.

PGN juga berkomitmen meningkatkan kualitas SDM sehingga dapat berkontribusi maksimal, selain memberikan kesempatan seluruh insan PGN untuk mencapai potensi tertinggi.

Perusahaan dengan Kinerja Penghormatan HAM Terbaik

Sebelumnya, PGN telah menerima penghargaan Perusahaan dengan Kinerja Penghormatan HAM Terbaik dari Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST).

PGN menempati posisi 5 besar perusahaan yang konsisten menjalankan prinsip penghormatan hak asasi manusia (HAM) dalam menjalankan bisnisnya.

Kriteria penilaian penghargaan ini meliputi pelaksanaan penghormatan HAM oleh perusahaan publik melalui penyusunan kebijakan, prosedur, sistem manajemen penghormatan HAM, hingga ketaatan terhadap HAM.

Studi FHIRRST merujuk pada Prinsip-Prinsip Panduan untuk Bisnis dan Hak Asasi Manusia yang disahkan PBB 6 Juli 2011 lalu.

Rujukan tersebut menjadi standar yang diakui secara internasional tentang bisnis dan HAM bagi negara serta perusahaan.

"Dari 100 perusahaan, dipilih 10 besar perusahaan di mana PGN masuk menjadi salah satu perusahaan publik yang mendapat penghargaan,” kata Desima.

Penghargaan itu diraih atas penerapan prinsip-prinsip penghormatan HAM dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, dukungan penuh PGN membuka kesempatan penyandang disabilitas untuk berkarya merupakan bukti nyata penghormatan terhadap HAM.

Kami bangga dan akan terus berkomitmen dalam penegakan HAM dalam setiap operasi perusahaan," ujar Desima.

PGN pun terus menyiapkan fasilitas pendukung bagi penyandang disabilitas guna menghadirkan lingkungan kerja yang ramah disabilitas.

https://money.kompas.com/read/2019/12/20/202508026/pgn-buka-kesempatan-kerja-bagi-penyandang-disabilitas

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.