Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tetap Kerja Saat Liburan, Simak 5 Hal Ini Agar Tetap Waras

Untuk menghindari stres karena tak memiliki banyak waktu bersama akibat sekelumit tugas kantor, simak hal-hal ini agar tetap bisa berlibur meski banyak pekerjaan.

1. Komunikasi lebih awal

Komunikasikan lebih awal jika Anda tak bisa mengikuti rekreasi keluarga saat libur akhir tahun karena Anda harus bekerja. Pasalnya, tak ada yang tahu kapan datangnya urgensi pekerjaan.

"Jika saya tahu saya harus check-in di kantor, saya akan memberi tahu keluarga saya sejauh mungkin lebih awal," kata CEO Hint Water Kara Goldin dikutip CNBC, Sabtu (21/12/2019).

2. Atur waktu

Aturlah waktu Anda sebaik mungkin bila Anda harus bekerja saat libur panjang. Beritahu kolega dan keluarga Anda kapan Anda ada waktu, di mana posisi Anda, maupun keadaan detil lainnya yang perlu mereka ketahui.

"Ini akan memungkinkan Anda untuk memutuskan sebanyak mungkin selama sisa hari dan menjadwalkan kegiatan dengan keluarga Anda," ujar Goldin.

3. Cari ruang kerja ideal

Cari ruang kerja ideal untuk menyelesaikan pekerjaan. Pikirkan kembali untuk kerja bersama keluarga Anda. Sebab mungkin itu bukan tempat yang ideal.

Bekerja saat kumpul keluarga mungkin akan membuat Anda tidak fokus. Banyak anak berlarian dan terlalu bising. Turunkan tingkat stres Anda dengan mencari ruang kerja yang lebih efisien. Anda bisa juga memanfaatkan co-working space.

Jika tidak bisa, cobalah cari tempat bekerja berbayar. Pastikan untuk bertanya kepada atasan apakah Anda bisa mengeluarkan biaya. Sementara jika Anda bosnya, pertimbangkan untuk mengizinkan karyawan yang bekerja selama liburan melakukan hal yang sama.

4. Rencanakan beberapa kejutan

Rencanakan  beberapakejutan untuk keluarga saat Anda harus bekerja. Baik itu membeli tiket rekreasi maupun membeli tiket nonton bioskop untuk keluarga Anda. Hal-hal ini membuat mereka merasa diperhatikan meski Anda sibuk kerja.

"Cara yang bagus ini menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memikirkannya dan ingin mereka menikmati liburan, bahkan jika Anda harus menghabiskan waktu di meja atau di telepon," ucap Goldin.

5. Hadir saat pekerjaan selesai

Hadirlah sepenuhnya untuk keluarga jika pekerjaan Anda telah selesai. Ketika proyek besar dan laporan akhir tahun telah selesai, jangan ragu untuk meletakkan ponsel Anda dan nikmati momennya.

Tidak peduli betapa stresnya, liburan masih dapat menciptakan beberapa momen paling ajaib yang Anda miliki bersama keluarga Anda. Anda bahkan dapat menyelesaikan pekerjaan sambil memanfaatkan waktu khusus tahun ini.

https://money.kompas.com/read/2019/12/21/180000726/tetap-kerja-saat-liburan-simak-5-hal-ini-agar-tetap-waras

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke