Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Pernah Tawar Burung Kicau Rp 600 Juta, Oleh Pemiliknya Ditolak!

JAKARTA, KOMPAS.com - Hobi memelihara burung kicau tak memandang siapa pun. Di Indonesia, komunitas pehobi burung ini semakin berkembang, padahal harga burung kicau terbilang mahal.

Seperti diberitakan Harian Kompas 12 Maret 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga seorang pecinta burung kicau. Bahkan dalam sebuah event kompetisi kicau di Istana Bogor, mantan Gubernur DKI Jakarta ini pernah menawar burung yang menang lomba hingga ratusan juta.

Presiden juga ikut dalam lomba kicau burung yang digelar di acara itu.

Lomba kicau burung digelar setelah Presiden melepaskan ratusan burung ke alam bebas di area Kebun Raya Bogor sebagai tanda dimulainya acara tersebut.

Lomba yang dibagi dalam beberapa jenis burung ini diikuti oleh sekitar 4.000 ekor burung milik 700 orang. Penilaian lomba didasarkan pada lagu yang dibawakan burung, tonjolan suara, dan irama lagunya.

Dalam sesi pertama lomba jenis burung murai batu, burung milik M Nur Alamsyah alias Dede yang dinamai Kitaro dinyatakan sebagai pemenang. Atas keberhasilan Kitaro itu, Dede berhak mendapatkan hadiah Rp 20 juta.

Kemenangan Kitaro tersebut bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, Kitaro juga telah beberapa kali memenangi lomba kicau burung yang digelar di tempat lain.

Namun, kemenangan kemarin termasuk istimewa karena Kitaro, antara lain, berhasil mengalahkan burung milik Jokowi yang juga ikut lomba.

”Kalah bagaimana lagi. Berarti jurinya jujur (tidak pilih-pilih siapa pesertanya),” kata Jokowi yang menyatakan dirinya sebagai penikmat kicau burung.

”Saya suka mendengarkan saja (juri menilai),” katanya.

Ditawar Jokowi

Kicau Kitaro memunculkan niat Presiden untuk membeli burung tersebut. Tawaran ini membuat Dede terkejut. Belum pernah ia menghadapi penawaran pembelian burung dari seorang Presiden.

Namun, Dede akhirnya menolak tawaran Presiden tersebut. Ia menyatakan tidak bisa melepas burung murai batu itu kepada orang lain meski Presiden yang mau membelinya.

Jika Kitaro dilepas kepada orang lain, Dede khawatir akan sulit untuk mendapatkan burung murai batu dengan kemampuan berkicau seperti Kitaro yang dahulu ia beli dari seorang penangkar di Jakarta dengan harga Rp 500 juta.

Saat ditanya, berapa nilai tawaran Presiden untuk burungnya, Dede menolak menjelaskan, off the record.

Belakangan Dede mengakui, kalau burungnya tersebut ditawar Jokowi sampai Rp 600 juta. Namun, dirinya memilih mempertahankannya.

https://money.kompas.com/read/2019/12/22/170314626/jokowi-pernah-tawar-burung-kicau-rp-600-juta-oleh-pemiliknya-ditolak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke