Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jakarta Banjir, BI Pastikan Operasional Tetap Berjalan Normal

"Kegiatan operasional sistem pembayaran dan operasi moneter Bank Indonesia (BI) tetap berjalan normal sehubungan kondisi banjir di wilayah Jabodetabek," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam siaran pers, Kamis (2/1/2020).

Onny menjelaskan, rangkaian operasional yang dimaksud meliputi layanan sistem pembayaran nontunai, didukung terjaganya kegiatan operasional sistem BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Kedua, layanan sistem pembayaran tunai (layanan kas) guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh uang Rupiah yang layak edar.

Kemudian, transaksi operasi moneter rupiah dan valas serta kegiatan operasional Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) dan Indonia juga kembali normal.

"Transaksi operasi moneter Rupiah dan valas (berjalan normal), didukung sistem Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) yang tetap terjaga," ucap dia.

Sementara itu, tutur Onny, pihaknya bakal terus berkoordinasi dengan perbankan dan otoritas terkait untuk menjamin kelangsungan layanan sistem pembayaran guna mengantisipasi perkembangan kondisi cuaca.

"BI juga akan terus memastikan kegiatan operasi moneter serta pasar uang tetap berjalan lancar dan normal guna menjaga likuiditas dan stabilitas perekonomian," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/01/02/112600426/jakarta-banjir-bi-pastikan-operasional-tetap-berjalan-normal

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+