Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rumah Kerap Terkena Banjir, Bagaimana Harga Jualnya?

Pengamat properti Aleviery Akbar mengatakan, banjir bisa memberikan dampak kepada sektor properti. Apakah itu artinya harga jual rumah yang terkena banjir akan merosot tajam?

Aleviery menyebutkan, harga properti yang terkena banjir tidak akan mengalami penurunan harga secara signifikan. Pasalnya peristiwa banjir sudah sering kali terjadi di Jakarta.

"Ini kan bencana sama dengan tahun sebelumnya dimana waktu itu Jakarta mengalami hal yang sama," ujarnya kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (2/1/2019).

Aleviery memprediksi nantinya akan ada banyak korban banjir yang mempertimbangkan untuk menjual propertinya.

Namun di sisi lain, peminat properti diyakini akan menurunkan minat membeli. Apalagi bila rumah atau properti terletak di wilayah yang kerap banjir.

Penurunan minat pembeli akan terjadi khususnya di sektor properti perumahan. Dengan adanya banjir besar di Jabodetabek, calon pembeli akan mulai mempertimbangkan faktor potensi banjir.

"Calon pembeli akan lebih teliti untuk memilih properti yang areanya tidak terdampak banjir," kata dia.

Akibat banjir, pengembang perumahan juga dinilai akan merugi sebab harus menutup biaya perbaikan properti yang rusak akibat banjir.

Namun untuk menarik kembali minat pembeli, pengembang dipastikan akan memperbaiki properti yang rusak.

"Untuk beberapa developer besar biasanya juga sudah mengasuransikan properti nya akibat kerugian seperti banjir tersebut," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2020/01/02/200240626/rumah-kerap-terkena-banjir-bagaimana-harga-jualnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke