Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banjir Landa Jabodetabek, Bagaimana Nasib Gudang Bulog?

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Tri Wahyudi mengatakan baik gudang dan stok beras saat ini masih dalam keadaan baik dan operasional masih dapat berjalan.

"Tidak ada (gudang Bulog terdampak banjir) alhamdulillah kondisi aman semua hanya saja akses menuju komplek gudang yang sulit," ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/1/2020).

Selain itu Bulog memastikan stok beras nasional siap disalurkan untuk bencana alam sesuai dengan Permenko PMK No. 5 tahun 2019 dan Permensos No 22 Tahun 2019. Semua kegiatan dikoordinasikan dengan Kemensos RI.

Perum Bulog sendiri saat ini telah mengirimkan pasokan bahan pangan berupa puluhan ton beras, gula, minyak goreng ke wilayah-wilayah yang terkena banjir di kawasan Jabodetabek.

Direktur SDM dan Umum Bulog Bagya Mulyanto mengatakan, pemberian bantuan sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo dengan berkoordinasi bersama aparat Kodam, kepolisian, dan Pemda DKI.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi agar semua pihak membantu dan Bulog langsung bergerak membantu warga korban banjir di wilayah Jabodetabek sejak dua hari lalu,” kata Bagya dalam siaran pers, Jumat.

Bagya yang juga koordinator bantuan bencana Bulog menyampaikan, bantuan yang diberikan sudah sesuai dengan koordinasi yang ada. Pihaknya fokus untuk mendirikan dapur umum dengan menyediakan berbagai pasokan dapur.

"Pasokan sementara ini berupa masing-masing 10 ton beras, 2 ton gula dan 2 ton minyak sekiloan," tutur Bagya.

Saat ini Cadangan beras pemerintah (CBP) BULOG sendiri sebanyak 1,9 juta ton. Untuk penanganan Tanggap darurat Bencana alam masing2 Kabupaten/kota disiapkan 100 ton selama setahun dan Propinsi 200 ton per tahun yang dapat disalurkan secara bertahap.

https://money.kompas.com/read/2020/01/03/220300926/banjir-landa-jabodetabek-bagaimana-nasib-gudang-bulog-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke