Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PLN Cek Sistem Kelistrikan di Sekolah Terdampak Banjir Jabodetabek

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) pada Selasa (7/1/2020) pagi melakukan pengecekan sistem kelistrikan yang terendam di bangunan sekolah yang terdampak banjir Jabodetabek.

Adapun sekolah yang dinilai terendam banjir cukup parah salah satunya adalah SD Harapan Jaya, Cengkareng Jakarta Barat.

Di beberapa daerah, tingginya banjir juga menyebabkan Alat Pengukur dan Pembatas (APP) atau kWh meter terendam banjir sehingga perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan agar tidak terjadi korsleting listrik.

"Beberapa lokasi banjirnya cukup tinggi, lebih dari 1,5 meter, kWh meternya pun ikut terendam sehingga mengalami gangguan. Sekolah ini walaupun banjirnya tidak tinggi sekalian kami cek untuk memastikan," ucap Wakil Direktur Utama PLN, Dermawan Prasodjo melalui siaran resmi.

Sementara itu untuk perbaikan kelistrikan, terpantau hingga pukul 11.00 WIB sebanyak 98,7 persen gardu distribusi terdampak banjir di Jabodetabek dan Banten telah menyala.

Dari total 6.320 gardu distribusi terdampak banjir, PLN telah menyalakan sebanyak 6.234 gardu dan sisa 86 gardu masih dipadamkan sementara demi keamanan warga.

Khusus di Jakarta hanya tersisa 5 gardu distribusi lagi yang belum menyala, yaitu di daerah Rawa Buaya, Semanan, dan Grogol.

Sementara, 81 gardu yang belum menyala, mayoritas berada di kawasan Jasingan Bogor dan Lebak Banten yang terdampak banjir bandang.

"Mayoritas di sekitar Lebak dan Jasinga, ini aksesnya banyak terputus akibat banjir bandang, mobil tidak bisa masuk. Seluruh peralatan harus dipanggul. Kami tetap usahakan, tapi tentu butuh waktu," tegas Darmawan.

Selain melakukan pengecekan, PLN juga menyerahkan bantuan 400 paket alat sekolah untuk siswa terdampak banjir di SD Harapan Jaya.

"Sekolah sudah mulai aktif kembali, tapi mereka cerita kalau buku dan alat sekolah mereka habis terendam banjir. Oleh karena itu, kami coba bantu agar adik-adik tetap semangat," tutur Dermawan

https://money.kompas.com/read/2020/01/07/131600326/pln-cek-sistem-kelistrikan-di-sekolah-terdampak-banjir-jabodetabek

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke