Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Optimis Bisa Menang Melawan Gugatan Eropa Soal Nikel

"Pada 29 November 2019 Indonesia telah menyetujui permintaan konsultasi Uni Eropa guna membahas kebijakan mineral dan batu bara Indonesia," kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat ditemui di kantor Kementerian Perdagangan, Selasa (07/01/2019)

Menurut Jerry, proses ini merupakan hal wajar bagi anggota WTO untuk saling menguji hak dan kewajiban masing-masing berdasarkan komitmen yang dibuatnya.

"Tanggal 15 Januari untuk bisa melihat kembali posisi masing masing kementerian atau lembaga terkait untuk melihat pertanyaan yang akan dilayangkan ke kami dengan komprehensif, detail dan rasionalisasi yang memang masuk akal," kata Jerry.

Saat ini Indonesia sedang menunggu pertanyaan dari UE yang diperkirakan akan dikirimkan 2 minggu dari sekarang

Namun Jerry optimis, Indonesia bisa memenangkan gugatan melawan Eropa terkait Nikel.

"Saya pikir optimistis. Nanti kita bahas saat kita menerima pertanyaan. Kita akan deliver itu dengan tepat sasaran," kata Jerry


Salah satu objek dari konsultasi ini mencakup Undang–Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batu Bara serta beberapa peraturan turunannya.

"Pemerintah Indonesia mengharapkan hasil positif dari proses konsultasi tersebut guna memperlancar hubungan perdagangan sekaligus memfasilitasi para pelaku usaha dari kedua pihak.

Indonesia saat ini juga dalam tahapan mengembangkan produk bernilai tambah dan tidak lagi mengekspor produk mentah,” tegas Wamendag.

https://money.kompas.com/read/2020/01/07/203100426/indonesia-optimis-bisa-menang-melawan-gugatan-eropa-soal-nikel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke