Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berinvestasi ketika AS-Iran Kian Memanas, Apa Saja yang Bisa Dipilih?

Serangan tersebut memunculkan aksi balas oleh Iran dengan menembakkan 10 rudal yang menghantam pangkalan udara Al-Asad di Irak, yang menampung pasukan AS.

Meski belum terjadi peperangan antar kedua negara tersebut, namun beberapa indikator ekonomi mulai menimbulkan gejolak. Salah satunya harga minyak mentah yang terus merangkak naik.

Harga emas pun turut merespon sentimen tersebut dan sejak pekan lalu terus menunjukkan peningkatan.

Menanggapi risiko gejolak pasar yang kian tidak pasti, Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan akan lebih baik jika melakukan aksi lindung nilai atau hedging. Sebab, dengan keadaan pasar keuangan yang sedang sensitif, nilai kekayaan bisa mengalami naik-turun dengan sangat pesat.

"Karena ada risiko pasar, kebutuhan Anda saran saya jika masih khawatir dengan market risk berarti perlu lindung nilai," ujar dia ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (8/1/2020).

Mike mengatakan, instrumen yang paling cocok untuk lindung nilai adalah emas dan reksa dana pasar uang. Pasalnya, kedua instrumen tersebut memiliki pergerakan yang cenderung stabil.

Lebih lanjut dia menjelaskan, besaran porsi investasi untuk lindung nilai tergantung pada kategori investor, apakah termasuk dalam kategori konservatif, moderat atau agresif.

Jika investor tersebut masuk dalam kategori konservatif, porsi alokasi aset lindung nilainya makin besar.

Misalnya saja, 70 persen pilihan produk investasinya untuk produk-produk dengan risiko moderat, 30 persen sisanya untuk produk dengan risiko tinggi.

"Yang moderat ini juga dibagi lagi, 30 persen dari 70 persen itu dibelikan reksadana pasar uang, ORI pemerintah yang dijamin, kemudian emas, sisanya 40 persen diberikan reksadana pendapatan tetap atau saham bluechip," jelas Mike.

Adapun untuk investor kategori moderat bisa lebih berimbang antara investasi di produk-produk dengan risiko tinggi dan risiko menengah, sementara untuk investor-investor yang masuk dalam kategori agresif cenderung menginvestasikan dananya di produk-produk dengan risiko tinggi.

"Dia (investor kategori agresif) malah suka dengan gejolak pasar karena dia memiliki potensi melakukan trading jangka pendek dan justru dia kalau lindung nilai jadinya kurang dinamis. Dia melakukan lindung nilai hanya biar uangnya nggak hilang semua aja," ujar Mike.

https://money.kompas.com/read/2020/01/08/161753526/berinvestasi-ketika-as-iran-kian-memanas-apa-saja-yang-bisa-dipilih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke