Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kekayaan CEO Tesla Naik Rp 28,9 Triliun dalam Seminggu, Kok Bisa?

NEW YORK, KOMPAS.com - Kekayaan pendiri dan CEO Tesla Elon Musk dilaporkan bertambah 2,1 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 28,9 triliun dalam sepekan hingga Kamis (9/1/2020) lalu waktu setempat.

Dikutip dari Forbes, Minggu (12/1/2020), selama sepekan ini, saham Tesla melonjak sejak melaporkan pengiriman 112.000 unit kendaraan pada kuartal IV 2019. Angka ini melampaui konsensus para analis.

Tak hanya itu, Tesla juga mengumumkan bahwa pabriknya di luar AS, yakni di Shanghai, China telah mengirimkan kendaraan yang diproduksinya.

Dalam seminggu, saham Tesla melesat 13 persen. Kekayan Musk pun otomatis bertambah 2,1 miliar dollar AS menjadi 28,8 miliar dollar AS. Musk berada di posisi 34 daftar orang terkaya di dunia.

Adapun Musk memiliki 22 persen saham Tesla. Angka tersebut setara dengan separuh dari total kekayaannya.

Pria 49 tahun tersebut pun memiliki saham di SpaceX senilai 12,5 miliar dollar AS. SpaceX adalah perusahaan besutan Musk yang memproduksi roket yang dapat digunakan ulang.

Awal pekan ini, kapitalisasi pasar Tesla menembus 83 miliar dollar AS. Ini menjadikan Tesla perusahaan otomotif paling bernilai sepanjang sejarah AS.


Tesla menggeser posisi Ford, yang pada tahun 1999 lalu kapitalisasi pasarnya mencapai 81 miliar dollar AS. Pada penutupan perdagangan Jumat (10/1/2020) waktu setempat, kapitalisasi pasar Tesla melesat hingga bertengger pada angka 85,8 miliar dollar AS.

Daniel Ives, analis di Wedbush mengaku optimistis dengan kinerja Tesla. Ives pun menggarisbawahi potensi pertumbuhan Tesla di China.

"Kami meyakini kemampuan Tesla untuk mengimbangi produksi dan permintaan di China sepanjang 2020 akan menjadi faktor utama pergerakan saham (Tesla)," kata Ives dalam laporan risetnya.

Namun demikian, analis di JPMorgan Ryan Brinkman menyarankan investor untuk melepas saham Tesla. Ia menggarisbawahi pengiriman mobil model yang lebih mahal, yakni model S dan X akan turun 30 persen secara tahunan.

https://money.kompas.com/read/2020/01/12/182700626/kekayaan-ceo-tesla-naik-rp-289-triliun-dalam-seminggu-kok-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke