Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Bisnis Franchise? Simak 4 Hal Ini

Sampai-sampai mungkin kalian pernah berpikir, lebih baik buka franchise saja daripada membuka usaha sendiri.

Membuka franchise memang memiliki keuntungan salah satunya adalah brand yang sudah lebih dikenal oleh masyarakat, namun jika dikelola dengan buruk maka bisnis ini juga tidak akan berjalan baik.

Seperti dilansir The Entrepreneur,  sebelum membuka franchise, kamu harus mencari tahu beberapa hal di bawah ini.

1. Berapa biayanya?

Hal pertama yang perlu diketahui adalah total investasi untuk membuka dan menjalankan franchise tersebut.

Ini harus mencakup biaya pembelian, inventaris awal, dan jumlah modal kerja yang dibutuhkan sebelum mencapai titik impas.

Memahami biaya ini sangat penting, karena kamu tidak ingin tiba-tiba kehabisan uang ketika baru memulai sebuah usaha.

2. Berapa waktu yang diperlukan?

Meskipun memulai sebuah franchise berbeda dari memulai bisnismu sendiri.  Meski perlu ditekankan hal ini tetaplah sebuah bisnis.

Ada waktu yang harus kamu investasikan dalam membuat bisnis ini menjadi sukses. Pastikan kamu memahami waralaba apa yang kamu miliki itu.

Ada franchise musiman yang mengharuskanmu bekerja sangat keras pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

Bedanya daripada bekerja di kantor, kamu menghabiskan waktu untuk membesarkan bisnis milikmu sendiri, dan bukannya menghabiskan waktu untuk lembur membesarkan bisnis orang lain.

3. Perusahaan franchise apa yang ingin dibeli?

Tidak semua perusahaan franchise itu sama. Karena itu kamu harus mengetahui seluk beluk dari perusahaan itu sebelum kamu membeli franchise-nya.

Berapa lama perusahaan itu sudah berkutat di bidangnya, ada berapa franchise yang sama di daerahmu, berapa tingkat kesuksesan membuka franchise itu.

Lebih banyak kalian tahu maka lebih baik keputusan yang akan kamu ambil nantinya sebelum memutuskan untuk membeli franchise tersebut.

4. Seperti apa franchise itu?

Kalian perlu bertanya dengan orang-orang yang memiliki usaha franchise. Bagaimana pengalaman mereka, apa tantangan yang dihadapi, bagaimana cara mengatasinya.

Dengan begitu kamu bisa lebih tahu dunia seperti apa yang ingin kamu masuki dan lebih bersiap-siap. Memang baik untuk belajar dari kesalahan, tapi lebih baik lagi untuk belajar dari orang lain yang pernah salah agar kita tidak mengulanginya lagi.

Menjalankan franchise bisa menjadi cara yang bagus untuk mulai menjalankan bisnismu sendiri, tetapi sebelumnya kamu perlu memahami mengapa kamu masuk ke dalamnya, apa yang kamu hadapi, dengan siapa kamu terlibat dan tentu saja bagaimana target kamu ke depannya.

Semakin baik kamu memahami jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, semakin baik probabilitasmu untuk memilih segmen franchise dan perusahaan dengan potensi terbaik untukmu.

https://money.kompas.com/read/2020/01/20/093800626/mau-bisnis-franchise-simak-4-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke