Salin Artikel

Cerita Susi Pudjiastuti soal Pintarnya Mafia Pencuri Ikan...

Susi bilang, mereka bisa dengan mudah kongkalikong dengan para politisi, PNS, dan aparat penegak hukum sejak dulu, sebelum Susi menjadi menteri. Maraknya pemain ilegal ini membuat tangkapan nelayan berkurang.

"Sebelum tahun 2000 itu, ikan banyak sekali. Ekspor dari wilayah Pangandaran saja 1 minggu 3 kontainer, 30-60 ton gampang sekali. Tahun 2001 hilang, tidak ada lagi ikan semua nyari 1 bulan 1 kontainer, setengah mati," ucap Susi di Jakarta, Senin (20/1/2020).

Susi menuturkan, setelah jadi menteri dia baru tahu kapal asing boleh meregistrasikan diri menjadi berbendera Indonesia pada 2001. Dengan registrasi itu, kapal-kapal asing boleh menangkap ikan di wilayah NKRI, ZEE, bahkan wilayah teritorial.

Akibatnya, nelayan semakin sulit mencari ikan. Tahun 2003 hingga 2013, jumlah rumah tangga nelayan menurun dari sekitar 1,6 juta menjadi 800.000.

Susi menduga, ulah mafia tersebut tak lepas dari kerja sama antara penegak hukum dan tokoh politik.

"Kita tahu kapal ribuan itu kan ada koordinasi dengan penegak hukum kita, PNS kita, tokoh politik kita. Karena muskil kapal asing bisa beroperasi ngambil ikan kita bertahun-tahun tanpa kerjasama," ucap Susi.


Susi bahkan menyebut mafia ikan mampu menguasai solar sejak dulu. Mafia dapat mengisi tangki-tangkinya dengan solar dari RI untuk menangkap ikan secara ilegal.

Hal tersebut membuat Susi berseloroh Indonesia sangat murah hati kepada mafia.

"Mereka nih pintar. Belum lagi dari solar bocoran minyak-minyak kita. Dulu pun illegal fishing luar biasa, nyuri ikan kita, dikasih minyak sama kita. Indonesia ini sangat generous. Ya baik, tetapi kita juga butuh untuk masyarakatnya bertumbuh," sebut Susi.

Untuk itu dia berharap, politisi, aparat penegak hukum, dan PNS harus lebih punya kepedulian kepada rakyat dan peduli untuk menjaga lingkungan.

"Saya berharap politisi bisa lebih punya kepedulian, lebih punya keinginan untuk memikirkan sustainability," kata Susi.

https://money.kompas.com/read/2020/01/21/070500426/cerita-susi-pudjiastuti-soal-pintarnya-mafia-pencuri-ikan-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.