Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI: Hujan Pengaruhi Harga Komoditas Penyumbang Inflasi

"Tekanan-tekanan harganya biasa terjadi pada musim hujan dan berpengaruh terhadap panen. Penyumbang inflasi adalah cabai merah, cabai rawit, bawang merah, beras, dan beberapa sayuran. Ini karena pengaruh cuaca," kata Gubernur BI, Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Sementara, angkutan udara, bahan bakar minyak (BBM) dan ayam penyumbang deflasi terbesar pada pekan keempat Januari kali ini. Dengan demikian, inflasi berdasarkan tahunan mencapai 2,82 persen (year on year/yoy).

Menurut Perry, perkembangan ini menunjukkan inflasi selama lima tahun terakhir konsisten di kisaran sasarannya, yang pada tahun ini ditargetkan 3 persen ±1 persen.

"Sementara penyumbang deflasi, angkutan udara, bensin, kemudian ayam. Ini adalah yang pertama dengan inflasi 0,42 persen di month to month ini lebih rendah secara historis dan itu mengkonfirmasi bahwa tahun ini Insha Allah disasaran inflasi 3 plus minus satu persen," ucapnya.

Pada 2019, inflasi tercatat 2,72 persen (yoy), menurun dibandingkan dengan inflasi 2018 sebesar 3,13 persen dan berada dalam kisaran sasarannya sebesar 3,5 ±1 persen.

https://money.kompas.com/read/2020/01/24/210700326/bi--hujan-pengaruhi-harga-komoditas-penyumbang-inflasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke