Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara agar Bisnis Anda Bisa Bertahan dan Berkelanjutan

Bahkan dengan adanya perubahan iklim tingkat kebutuhan masyarakat juga ikut berubah.

Oleh sebab itu sebagai pebisnis, mempertahankan bisnisnya dan mengetahui kebutuhan pasar akan bisnisnya bisa berkelanjutan atau bertahan lama merupakan hal yang niscaya.

Mengutip dari Etrepreneur.com, Senin (27/1/2020), ada 5 cara yang dapat Anda lakukan agar bisnis Anda dapat bersaing, bertahan, dan berkelanjutan di berbagai kondisi.

1. Percayalah pada merek Anda

Jika tidak percaya pada merek Anda sendiri, bagaimana Anda bisa mengharapkan masyarakat tertarik dengan usaha Anda?

Persiapkan rencana terperinci tentang bagaimana cara membuat bisnis Anda agar dapat berkembang dan berkelanjutan. Jangan pernah berpuas diri dan selalulah berusaha untuk mencari cara-cara baru dan berpikir dari zona nyaman Anda.

Begitu masyarakat melihat betapa berdedikasinya Anda, mereka akan merespons dengan cara yang sama dan menunjukkan kesetiaan terhadap merek Anda.

2. Gunakan kembali dan daur ulang

Daur ulang adalah suatu keharusan bagi bisnis apapun, perlu untuk Anda berpikir sekreatif mungkin untuk mendaur ulang perabotan yang harusnya Anda buang bisa dipakai kembali. Hitung-hitung bisa meminimalkan pengeluaran dengan menggunakan konsep vintage.

Tanyakan pada diri Anda bagaimana merek Anda mempromosikan keberlanjutan dan bahan daur ulang apa yang digunakan dalam proses pembuatannya. Ini perlu dipikirkan dan memastikan bahwa operasi bisnis Anda mengahasilkan hampir nol limbah.

3. Bekerja jarak jauh adalah kunci

Ketika karyawan pergi bekerja tiap hari, semua perjalanan itu meninggalkan jejak lingkungan yang substansial. Anda dapat membantu mengurangi hasil karbon yang dihasilkan oleh perjalanan harian dengan menawarkan opsi tersebut.

4. Mempunyai konsultan

Memiliki konsultan untuk perusahaan Anda dapat menjadi opsi. Dengan adanya konsultan Anda dapat bertukar pikiran dan mereka akan memberi nasihat dan akses mudah ke jaringan perusahaan yang lain yang semuanya ingin menjadikan dunia tempat yang lebih baik.

5. Tetapkan tenggat waktu dan target

Bisnis yang tidak berkelanjutan adalah berita buruk bagi planet bumi. Keberlanjutan harus menjadi bagian integral dari bisnis Anda sehingga keduanya menjadi tidak terpisahkan.

Untuk itu Anda harus terus berevolusi sebagai merek yang berkelanjutan dan menetapkan target untuk dicapai bersama dengan tenggat waktu kapan hal itu seharusnya terjadi.

Setelah ini selesai lihat lagi bagaimana Anda beroperasi dan pikirkan bagaimana bisnis Anda bisa menjadi lebih berkelanjutan. Selalu ada ruang untuk perbaikan seperti yang dikatakan Mahatma Gandhi "Jadilah Perubahan yang ingin Anda lihat".

https://money.kompas.com/read/2020/01/27/094000826/5-cara-agar-bisnis-anda-bisa-bertahan-dan-berkelanjutan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke