Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Sikorsky, Produsen Helikopter yang Ditumpangi Kobe Bryant

JAKARTA, KOMPAS.com - Legenda basket Kobe Bryant meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di California, Amerika Serikat, Minggu (26/1/2020) siang waktu setempat.

Lelaki kelahiran 23 Agustus 1978 ini meninggal dalam perjalanan menuju Mamba Sports Academy, kamp latihan basket miliknya di Thousand Oaks, California.

Putri kedua Bryant, Gianna Maria-Onore Bryant, juga meninggal dalam kecelakaan tersebut.

Diketahui, kecelakaan tersebut melibatkan helikopter Sikorsky S-76. Helikopter dengan turbin ganda itu pertama kali diluncurkan pada 1977.

Sementara Kobe Bryant diketahui menggunakan helikopter tipe Sikorsky S-76B. Helikopter ini pertama kali dikenalkan oleh Sikorsky pada 1987.

Sesuai namanya, Sikorsky adalah produsen pembuat helikopter tersebut. Perusahaan yang didirikan imigran Rusia Igor Sikorsky pada tahun 1923.

Pabriknya berada di Stratford, Connecticut. Perusahaan tersebut berfokus pada pembuatan helikopter untuk keperluan sipil dan militer.

Beberapa helikopter terkenal yang dibuatnya seperti UH-60 Black Hawk, SH-60 Seahawk, Sikorsky S-72, dan Sikorsky S-92.


Beberapa keluaran helikopter buatan perusahaan tersebut masuk dalam jajaran capung besi paling mahal di dunia.

Sejak 1957, perusahaan ini jadi langganan tetap menyuplai helikopter untuk Gedung Putih sebagai transportasi Presiden Amerika Serikat. Mengingat reputasinya sebagai deretan produsen helikopter paling aman di dunia.

Tahun 2015, perusahaan tersebut dijual ke Lockheed Martin, salah satu perusahaan pembuat senjata terbesar di dunia.

"Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kepada semua korban kecelakaan Sikorsky S-76B hari ini di Calabasas, California. Kami siap memberikan bantuan dan dukungan pada otoritas investigasi dan pelanggan kami. Keselamatan adalah prioritas utama kami," bunyi ucapan belasungkawa Lockheed Martin dalam laman resminya.

https://money.kompas.com/read/2020/01/27/140000126/mengenal-sikorsky-produsen-helikopter-yang-ditumpangi-kobe-bryant

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke