Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewati Jakarta, Bekasi Jadi Kota dengan Biaya Konsumsi Tertinggi di Indonesia

Begitu hasil Survei Biaya Hidup (SBH) 2018 dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang diumumkan pada Selasa (28/1/2020).

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, nilai konsumsi sebulan di Bekasi mencapai Rp 13,6 juta. Angka itu melewati Jakarta yang rata-rata hanya Rp 13,5 juta per bulan.

"Namun bila dilihat lebih rinci, DKI Jakarta terdiri dari 5 kota," ujarnya di Kantor BPS.

BPS mengatakan beberapa wilayah di Jakarta punya tingkat konsumsi lebih tinggi dari Bekasi. Misalnya pengeluaran rumah tangga sebulan di Jakarta Utara berkisar Rp 15,9 juta, Jakarta Selatan Rp 14,9 juta, dan Jakarta Barat Rp 13,6 juta.

Namun bila dirata-rata seluruh Jakarta, maka hasilnya masih ada di bawah Bekasi.

Selanjutnya setelah Bekasi dan Jakarta, ada Surabaya dengan nilai konsumsi rumah tangga Rp 11,9 juta per bulan, Depok Rp 11 juta per bulan, dan Makassar Rp 10 juta per bulan.

"5 kota dengan nilai konsumsi hasil SBH 3018 terendah, antara lain Cilacap (Rp 4,8 juta), Banyuwangi (Rp 5,04 juta), Sibolga (Rp 5,08 juta), Maumere (5,1 juta) dan Bulukumba (Rp 5,2 juta)," sebut Suhariyanto.


BPS mencatat ada 835 jumlah komoditas terpilih yang masuk dalam Paket Komoditas Nasional hasil Survei Biaya Hidup (SBH) 2018.

Komoditas terpilih tersebut menyempurnakan paket komoditas dan diagram timbang hasil SBH 2012 yang sebelumnya digunakan.

Dari 835 jumlah komoditas terpilih, terdapat 98 jumlah komoditas baru yang terpilih dan 101 jumlah komoditas yang hilang.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, BPS harus menyusun dan memasukkan beberapa komoditas baru tersebut untuk menyesuaikannya dengan perkembangan teknologi yang akhirnya menggeser pengeluaran masyarakat.

Dia bilang, perkembangan membuat masyarakat mengubah gaya hidup pengeluaran, sehingga perlu ada komoditas baru yang dimasukkan sebagai bahan perhitungan dan ada pula yang dihilangkan.

Adapun beberapa komoditas baru yang terpilih, meliputi lampu LED/hemat energi, jasa penitipan anak/day care, tas travel/koper, kereta bayi/stroller, sewa tempat karaoke, obat-obatan herbal, charger, power bank, aksesoris hp, dan jasa foto studio.

https://money.kompas.com/read/2020/01/28/143207326/lewati-jakarta-bekasi-jadi-kota-dengan-biaya-konsumsi-tertinggi-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke