Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dibayangi Virus Corona, Rupiah Ditutup Melemah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Selasa (28/1/2020) kembali mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.644 per dollar AS. Rupiah melemah 29 poin sebesar 0,21 persen dibandingkan penutupan Senin (27/1/2020) yakni Rp 13.615 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim menyebutkan pelemahan rupiah terhadap dollar AS akibat kekhawatiran pasar terkait penyebaran virus corona yang semakin cepat bahkan menyebabkan dampak ekonomi.

"Sejumlah orang di China membatalkan rencana perjalanan selama Tahun Baru Imlek yang biasanya merupakan musim pariwisata tersibuk, namun sementara bisnis di banyak kota tutup," kata Ibrahim.

Di sisi lain, pihak berwenang China telah meningkatkan upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus dengan memberlakukan pembatasan keras pada perjalanan dan pergerakan orang.

Sementara itu, Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi China tahun ini akan dikisaran 6 persen.

Namun demikian, bila virus corona tidak bisa ditanggulangi secara serius, bisa saja pertumbuhan ekonomi China akan turun menjadi 4,5 persen.

Hal ini tentunya akan mengindikasikan kondisi ekonomi China yang mengalami permasalahan yang serius paska kesepatakan dagang fase satu antara AS dan China yang sudah ditandatangani.

Kasus mewabahnya virus corona di China tentunya juga berpengaruh pada PDB Indonesia di tahun 2020 yang kemungkinan akan turun dibawah 5 persen.

"Maka dari itu, pemerintah dan BI harus kembali melakukan intervensi sesuai dengan wewenang masing-masing. Apalagi China merupakan negara tujuan ekspor utama Indonesia," tegasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/01/28/165235526/dibayangi-virus-corona-rupiah-ditutup-melemah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke