Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut: Dampak Negatif Virus Corona ke Investasi Belum Terasa

"Saya lihat sih belum terasa masalahnya sampai sekarang. Kita lihat dua minggu lagi," ujarnya di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Sementara itu Luhut menilai penetapan status travel advice ke China sudah tepat. Sebab Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memasukkan penyebaran virus corona ke dalam risiko sangat tinggi di China.

Ia belum mau bicara banyak soal kemungkinan Indonesia mengeluarkan travel warming ke China. Menurutnya hal itu perlu dipikirkan secara matang.

"Kami lihat nanti yah, jangan terburu-buru. Belum ada juga negara di dunia yang mengeluarkan travel warning," ucapnya.

Sementara itu terkait adanya turis asal China yang tiba di Sumatera Barat beberapa hari yang lalu, Luhut mengaku belum mengetahui informasi tersebut. Namun, dia memastikan turis asal Wuhan sampai saat ini diketahui tidak beredar di Indonesia.

Selain itu, Luhut juga mengatakan, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) yang ada di Hong Kong telah membantu WNI di Wuhan dalam segi distribusi makanan dan minuman.

"Mereka sudah telpon, tadi saya sudah bicara dengan salah satu dari mereka, semua enggak ada masalah. Meski terisolasi ruangannya, tapi makanan ada, embassy kita mengurus mereka juga," ujarnya.

Sementara itu, Anggota Ombudsman RI Alvin Lie meminta pemerintah mengkaji ulang kesepakatan-kesepakatan investasi yang mensyaratkan penggunaan tenaga kerja asing asal China dan menyiapkan skema mitigasi.

Hal ini dinilai penting untuk mengantisipasi risiko meluasnya wabah virus corona di area-area proyek investasi asal China dan mengurangi dampak ekonomis akibat terganggunya aktivitas investasi.

https://money.kompas.com/read/2020/01/29/054709426/luhut-dampak-negatif-virus-corona-ke-investasi-belum-terasa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke