Salin Artikel

AS Tak Akan Hapus Seluruh Tarif untuk China Sebelum Kesepakatan Fase 2

Saat ini China tengah berjuang mengatasi masalah virus corona yang diproyeksikan bakal membebani ekonomi China.

“(Perubahan) tarifnya akan dipastikan usai kesepakatan dagang fase dua," kata Peter melansir CNBC, Kamis (30/1/2020).

Usai Presiden Donald Trump menandatangani versi baru Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, ia tidak menyebutkan akan ada penghapusan tarif jika China mengalami gangguan ekonomi karena virus corona.

"Kami akan menghapus tarif, tetapi saya akan setuju untuk menghapus tarif itu jika kami dapat melakukan kesepakatan 'tahap dua," kata Trump melansir CNBC, Kamis (30/1/2020).

AS dan China terlibat dalam perang dagang yang berlangsung lama dan masing-masing pihak menempatkan tarif bernilai miliaran dollar AS pada barang-barang satu sama lain.

Namun, pasca kesepakatan dagang diteken, China diserang wabah virus Corona dan menewaskan sedikitnya 132 orang dan menginfeksi lebih dari 6.150 orang di seluruh dunia.

Perusahaan-perusahaan di China telah menutup toko, pabrik, dan kantor yang tutup karena negara itu berupaya menahan penyebaran virus.

Beberapa telah memperingatkan gangguan parah pada rantai pasok di China. CEO asal Amerika juga memperkirakan dampaknya bisa bertahan hingga enam bulan.

"Saya pikir, itu (virus corona) merugikan dan membuat krisis (di China) ini nanti akan dibawa dalam diskusi," kata Navarro.

https://money.kompas.com/read/2020/01/30/103000026/as-tak-akan-hapus-seluruh-tarif-untuk-china-sebelum-kesepakatan-fase-2

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.