Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AS Tak Akan Hapus Seluruh Tarif untuk China Sebelum Kesepakatan Fase 2

Saat ini China tengah berjuang mengatasi masalah virus corona yang diproyeksikan bakal membebani ekonomi China.

“(Perubahan) tarifnya akan dipastikan usai kesepakatan dagang fase dua," kata Peter melansir CNBC, Kamis (30/1/2020).

Usai Presiden Donald Trump menandatangani versi baru Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, ia tidak menyebutkan akan ada penghapusan tarif jika China mengalami gangguan ekonomi karena virus corona.

"Kami akan menghapus tarif, tetapi saya akan setuju untuk menghapus tarif itu jika kami dapat melakukan kesepakatan 'tahap dua," kata Trump melansir CNBC, Kamis (30/1/2020).

AS dan China terlibat dalam perang dagang yang berlangsung lama dan masing-masing pihak menempatkan tarif bernilai miliaran dollar AS pada barang-barang satu sama lain.

Namun, pasca kesepakatan dagang diteken, China diserang wabah virus Corona dan menewaskan sedikitnya 132 orang dan menginfeksi lebih dari 6.150 orang di seluruh dunia.

Perusahaan-perusahaan di China telah menutup toko, pabrik, dan kantor yang tutup karena negara itu berupaya menahan penyebaran virus.

Beberapa telah memperingatkan gangguan parah pada rantai pasok di China. CEO asal Amerika juga memperkirakan dampaknya bisa bertahan hingga enam bulan.

"Saya pikir, itu (virus corona) merugikan dan membuat krisis (di China) ini nanti akan dibawa dalam diskusi," kata Navarro.

https://money.kompas.com/read/2020/01/30/103000026/as-tak-akan-hapus-seluruh-tarif-untuk-china-sebelum-kesepakatan-fase-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke